Dana Desa Siap Disalurkan dalam bentuk BLT di Jayapura

Kamis, 30 April 2020 - 20:01 WIB
loading...
Dana Desa Siap Disalurkan dalam bentuk BLT di Jayapura
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra mengatakan, seluruh masyarakat yang ada di setiap kampung di Kabupaten Jayapura akan mendapatkan BLT.
A A A
SENTANI - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra mengatakan, seluruh masyarakat yang ada di setiap kampung di Kabupaten Jayapura akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa.

"Itu sudah ada petunjuk dari Kementerian Desa tinggal kita menyalurkan," kata Elisa Yarusabra kepada wartawan di posko induk Covid 19 Kabupaten Jayapura, Kamis (30/4/2020).

Menurutnya alokasi dana tersebut diambil dari Dana Desa 2020 dan akan disalurkan dalam bentuk uang tunai kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Jayapura khususnya di setiap kampung. Besaran dana yang akan disalurkan kepada masyarakat itu sekitar Rp600.000 per kepala keluarga.

Meski begitu alokasi Dana Desa 2020 itu hanya diambil sekitar 30% dari total keseluruhan anggaran dana desa yang dikelola masing-masing kampung di Kabupaten Jayapura.

Perlu diketahui, dari 139 kampung yang mengelola anggaran dana desa, Pagu anggaran setiap tahun dari kampung kampung tersebut lebih dari satu miliar rupiah. "Dua minggu lagi akan disalurkan ke masing masing kampung," katanya.

Dia menegaskan untuk warga yang sudah mendapatkan dana bantuan lainnya dari pemerintah seperti bantuan PKH dan bansos dipastikan tidak akan mendapatkan dana desa sebesar Rp600 ribu tersebut.

"Ini diberikan khusus bagi warga yang memang sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah," ujarnya.

Dia menambahkan sementara ini pihaknya sudah meminta pihak pemerintah kampung untuk memverifikasi data masyarakat yang akan mendapatkan bantuan tersebut. Menurutnya, dana bantuan ini diberikan bagi masyarakat yang terkena dampak akibat adanya penyebaran Covid 19.

"Tapi ini hanya diberikan kepada kampung yang mendapat Alokasi Dana Desa sedangkan Kelurahan tidak ada petunjuk," imbuhnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)