DBD di Gunungkidul Nyaris Tembus Seribu Kasus

Selasa, 11 Agustus 2020 - 23:16 WIB
loading...
DBD di Gunungkidul Nyaris Tembus Seribu Kasus
Hingga Agustus ini kasus DBD di Kabupaten Gunungkidul nyaris tembus seribu kasus. FOTO : DOK SINDOnews
A A A
GUNUNGKIDUL - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Gunungkidul tahun ini menjadi perhatian serius. Hingga awal Agustus, tercatat 916 warga yang dilaporkan terserang DBD.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Gunungkidul, Sumitro mengatakan, puncak kasus DBD terjadi di Bulan Februari hingga Maret. Di bulan tersebut tercatat 265 kasus dilaporkan ke Dinkes. Kemudian bulan berikutnya tercatat 131 kasus.

"Sisanya bulan Mei hingga Juli. Kalau bukan ini belum ada rekap data," terangnya kepada wartawan Selasa (11/8/2020).(Baca juga : Immawan Wahyudi Mulai Gerus Basis Massa PAN )

Dijelaskannya, ada empat kapanewon yang dinyatakan pandemi. Empat kapanewon tersebut adalah Karangmojo, Ponjong, Wonosari dan Patuk. "Tahun lalu ada catatan warga meninggal dunia akibat DBD. Catatan kami ada empat kasus meninggal dunia. Semua di wilayah tersebut," ulasnya.

Dia berharap, masyarakat melakukan pencegahan secara dini DBD. Untuk itu masyarakat harus menerapkan progran Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). "Dengan begitu diharapkan temuan DBD dapat semakin ditekan, " pungkasnya.(Baca juga : Siap Maju Pilkada, Immawan Dapat 'Lampu Hijau' Amien Rais )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)