Kunjungi Museum di Ngawi, Ganjar Kagumi Tokoh BPUPKI Radjiman Wedyodiningrat

Kamis, 18 Januari 2024 - 17:59 WIB
loading...
A A A
Padahal jika buku tersebut bisa dicetak, maka pengunjung yang datang ke museum bisa membeli buku, atau diberikan giveaway kalau menggunakan tiket.

“Kondisinya tentu tidak seperti ini, dan tradisi membaca buku dan buku jadikan giveaway menurut saya menarik. Terima kasih, matursuwun nggih Pak. Banyak semangat luar biasa satu-satu di foto-foto “Adakah Dokter yang Berpihak Pada Rakyat” itu,” tegasnya.

Jadi gemanya, lanjut Ganjar, sampai hari ini bisa memotivasi dokter-dokter lain, termasuk pergeseran Radjiman, dalam kesadaran berbangsa dan bernegara, dan sebagai politisi yang terlibat dalam perjuangan kemerdekaan.

Perjalanan Radjiman juga tidak instan, Ganjar prihatin ketika dulu Radjiman bekerja dengan keluarga seorang dokter. Kala itu Radjiman bertugas mengantarkan sekolah putra majikannya tersebut.

Belakangan diketahui, Radjiman tidak langsung pulang setelah mengantar, dia kerap mendengarkan dan mengintip-intip dari luar sekadar mencari tahu cara belajar seperti apa.

“Penuh semangat ingin belajar dengan segala cara, berproses, prihatin,” tegas Ganjar.

Mengenakan jaket kelir coklat, kunjungan Ganjar bersama sejumlah tokoh masyarakat dan agama itu disambut antusias warga yang telah menunggunya dan sekadar ingin melihat langsung sosok Ganjar.

Sekadar diketahui, BPUPKI adalah kepanitiaan yang merumuskan bentuk negara, filsafat negara dan perumusan dasar negara. Dari kepanitiaan inilah, muncul rumusan Pancasila.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)