Malam Ini, Puncak Ritual Seba Baduy

Sabtu, 21 April 2018 - 10:03 WIB
Malam Ini, Puncak Ritual Seba Baduy
Malam Ini, Puncak Ritual Seba Baduy
A A A
LEBAK - Sebanyak 1.388 warga Baduy bertolak menuju Kota Serang untuk bertemu dengan Bapak Gede atau Gubernur Banten Wahidin Halim setelah bertemu dengan Pjs Bupati Lebak Ino S Rawita, Jumat 20 April 2018 malam.

Warga Baduy Luar diangkut menggunakan moda transportasi truk dan angkutan umum. Sedangkan warga Baduy Dalam melanjutkan perjalanan puluhan kilometer dengan berjalan kaki menuju Kota Serang sejak pagi tadi.

Sebelumnya, warga baduy semalam suntuk sudah dihibur dengan pertunjukan wayang golek yang disediakan oleh Pemda Lebak sambil beristirahat mengumpulkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan panjang.

"Sampai di Kota Serang, warga baduy dikumpulkan di GOR Alun-Alun Timur. Nanti berjalan kaki menuju pendopo lama. Meraka istirahat persiapan acara inti, acara ritualnya malam nanti," ujar Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Ujang Rafiudin, Sabtu (21/4/2018).

Sesampainya di Kota Serang, bagi remaja baduy yang baru pertama kali mengikuti seba akan menjalankan ritual mandi di sungai Cibanten. Tahun ini, sebanyak 47 warga baduy dalam mengikuti seba, termasuk anak-anak dan remajanya.

Malan nanti, Gubernur Banten Wahidin Halim akan langsung menerima kedatangan warga Baduy dan mendengarkan keinginan serta menerima hasil pertanian selama setahun kemarin yang berlimpah kepada Bapak Gede.

Hasil pertanian yang mereka bawa seperti pisang, beras, gula aren, kacang-kacangan, dan yang lainnya yang ditanam dari tanah ulayat.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4972 seconds (0.1#10.140)