Satgas TMMD Gelar Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-Timor Leste

Kamis, 19 April 2018 - 15:40 WIB
Satgas TMMD Gelar Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-Timor Leste
Satgas TMMD Gelar Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-Timor Leste
A A A
KEFAMENANU - Selain pembangunan sasaran fisik, program TMMD ke-101 di Desa Inbate, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) juga terus melaksanakan kegiatan dengan sasaran nonfisik. Salah satunya, sosialisasi tentang kesehatan dan pengobatan gratis yang dilakukan di Desa Sono, Kecamatan Bikomi Utara, TTU, NTT.

Kurangnya layanan kesehatan membuat masyarakat berdesak-desakan memenuhi posko pengobatan gratis yang digelar bersama personel Kodim 1618/TTU dan personel Sagas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 715/Motulaito di Desa Sono.

Kebanyakan warga yang memanfaatkan kesempatan ini adalah warga yang sudah berusia lanjut dengan penyakit menahun seperti gatal-gatal, radang tenggorokan, batuk menahun, ngilu pada persendian tulang, dan penglihatan yang mulai kabur.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari sasaran TMMD nonfisik. Pengobatan ini agar dimanfaatkan dengan baik karena ini merupakan program pemerintah yang diberikan kepada masyarakat secara gratis," ujar Dandim 1618/TTU Letkol Arm Budi Wahyono, Kamis (19/4/2018).

Dia menambahkan, kegiatan serupa akan dilakukan pada desa-desa tetangga yang berada tak jauh dari desa sasaran TMMD. Sebab, masyarakat yang berada di garis perbatasan Indonesia dengan Timor Leste ini enggan memeriksakan kesehatan karena terkendala sejumlah hal, antara lain jarak yang jauh ke kota dan kesulitan membayar biaya transportasi karena pendapatan ekonomi masih rendah.

Sementara itu, kepada masyarakat, perwakilan Satgas RI-RDTL Letda CKM dr. Surya Perdana Siahaan menekankan tentang kesehatan yang harus dijaga dan pola hidup sehat. "Jaga kebersihan lingkungan, kebersihan diri dan makan makanan yang bergizi sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit," harapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5183 seconds (0.1#10.140)