Irigasi Dibangun TNI, Warga Perbatasan RI-Timor Leste Berharap Panen 2 Kali Setahun

Sabtu, 14 April 2018 - 12:59 WIB
Irigasi Dibangun TNI, Warga Perbatasan RI-Timor Leste Berharap Panen 2 Kali Setahun
Irigasi Dibangun TNI, Warga Perbatasan RI-Timor Leste Berharap Panen 2 Kali Setahun
A A A
KEFAMENANU - Keceriaan nampak dari wajah masyarakat Kampung Leolmanu di Desa Inbate, Kecamatan Bikomi Nilulat, Timor Tengah Utara, NTT yang sedang bergotong rotong bersama TNI membangun irigasi menuju areal persawahan mereka seluas 18 Ha.

Proses pengerjaan irigasi sepanjang 353 meter dari bibir sungai menuju areal persawahan yang dilakukan ini merupakan sasaran tiga program TMMD ke-101 yang masuk di Desa Inbate atau salah satu desa yang berbatasan darat dengan Distrik Oekusi, Timor Leste.

Sejak pagi hingga sore hari, para personel TNI Kodim 1618/TTU bahu-membahu dengan masyarakat setempat mengaduk campuran semen dengan pasir, menyusun batu untuk membuat irigasi demi kelancaran air masuk dalam areal sawah ini.

Debit air yang cukup serta pembuatan irigasi yang memadai kali ini membuat masyarakat Kampung Leolmanu merasa nyaman. Sebelum irigasi dikerjakan, warga hanya bisa panen padi sekali setahun. Namun, dengan adanya irigasi yang bagus, mereka berharap lebih.

"Pembuatan irigasi dalam Program TMMD 101 melalui Kodim TTU sangat bermanfaat buat kami petani penggarap lahan sawah di Leolmanu. Bila airnya lancar kami berharap bisa tanam dan panen dua kali setahun," kata warga bernama Baltasar Tpoi diamini rekannya Antonius Kaet di Leolmanu, Sabtu (14/4/2018).

Baltasar dan Antonius mengaku sasaran yang dikerjakan dalam program TMMD ke-101 kali ini sangat menyentuh kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan, khususnya perbatasan Indonesia dengan Distrik Oekusi, Timor Leste.

"Sejak wilayah kami menjadi beranda NKRI untuk negara lain, baru kali ini kami tersentuh program-program bermanfaat seperti ini. Kami berharap pada TMMD berikut kami bisa mendapatkan lagi agar infrastruktur di desa kami semakin baik," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8212 seconds (0.1#10.140)