Bupati Lamandau Sebut Program TMMD Percepat Pembangunan di Desa Mengkalang

Kamis, 01 Juli 2021 - 13:31 WIB
loading...
Bupati Lamandau Sebut Program TMMD Percepat Pembangunan di Desa Mengkalang
Pemkab Lamandau, Kalimantan Tengah, mengapresiasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa Imbangan ke-111 2021 yang digagas Komando Distrik Militer 1017/Lmd.
A A A
NANGA BULIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau, Kalimantan Tengah, mengapresiasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke-111 2021 yang digagas Komando Distrik Militer (Kodim) 1017/Lmd.

Kegiatan itu dinilai sebagai bentuk operasi bakti dan sinergi antara TNI dan pemerintah demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan rencananya akan berlangsung selama sebulan penuh dan berpusat di Desa Mengkalang, Kecamatan Batang Kawa.

TMMD ke-111 dibuka langsung oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Aula Makodim Lamandau, Selasa (29/6/2021). Selain Bupati turut hadir pula Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, Ketua DPRD Lamandau M Bashar, Sekda Lamandau M Irwansyah, kapolres dan sejumlah kepala OPD.

Saat membuka kegiatan Bupati Hendra mengatakan bahwa Pemkab Lamandau sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan TMMD itu. Menurutnya, dengan adanya TMMD maka akan dapat mempercepat pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Lamandau.

"Sebagaimana kita ketahui, Lamandau sebagai Kabupaten pemekaran masih terdapat banyak kekurangan dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya infrastruktur. Ditambah lagi dengan keterbatasan anggaran mewajibkan daerah harus memprioritaskan program dan kegiatan tertentu, sehingga tidak mungkin mengakomodir semua kebutuhan yang diusulkan masyarakat," ujarnya.

Program TMMD sangat membantu pelaksanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Lamandau. Selain mendapatkan manfaat, melalui TMMD dapat mempererat tali silaturrahmi dan terciptanya kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat.

"Pemilihan daerah Batang Kawa sebagai lokasi TMMD sangat tepat untuk kita berikan dorongan perbaikan infrastruktur. Terlebih daerah ini memiliki bentang infrastruktur yang jauh menyebabkan kurang maksimalnya perawatan," ujarnya.

Sementara itu Dandim Lamandau Letkol Inf Hafes Is Jafrin mengatakan TMMD dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menyukseskan program pemerintah dan menjalin hubungan yang harmonis antara masyarakat dan TNI.

"Selain itu untuk menunjukkan bahwa TNI bukan hanya alat negara yang memikul senjata, namun juga sebagai mitra pemerintah dalam membangun perkembangan masyarakat," ucap Dandim.

Kegiatan TMMD selain sasaran fisik seperti infrastruktur jalan dan drainase, juga akan dilaksanakan kegiatan dengan sasaran nonfisik, seperti sosialisasi wawasan kebangsaan, hukum, kesehatan, stunting, dan juga Karhutla.

Pada kesempatan pembukaan TMMD itu dilaksanakan pula penandatanganan MoU antara Bupati Lamandau Hendra Lesmana dan Dandim Lamandau Letkol Inf Hafes Is Jafrin tentang pelaksanaan TMMD Imbangan ke-111 di Desa Mengkalang. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)