Karolin-Gidot Berkomitmen Hadirkan Tradisi Kebudayaan Tanjungpura

Senin, 09 April 2018 - 14:06 WIB
Karolin-Gidot Berkomitmen Hadirkan Tradisi Kebudayaan Tanjungpura
Karolin-Gidot Berkomitmen Hadirkan Tradisi Kebudayaan Tanjungpura
A A A
PONTIANAK - PDI Perjuangan di dalam setiap konsolidasi Pilkada Serentak 2018 selalu mengingatkan Jas Merah (Jangan Sekali-kali meninggalkan Sejarah) guna memahami keseluruhan nilai kebudayaan dan sejarah peradaban di setiap provinsi.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kalimantan Barat ditinjau dari kewilayahan merupakan provinsi dengan luas wilayah terbesar ketiga di Indonesia. Pada Abad 8 sampai 15 Kerajaan Tanjungpura sangat dikenal dengan tradisi bahari yang begitu besar dan merupakan kerajaan Hindu yang menjadi bagian dari Singasari dan Majapahit. Pada Abad 16, seiring dengan perkembangan Islam di Nusantara, maka hadirlah Kerajaan Islam Tanjungpura. Kesemuanya berjalan melalui proses akulturasi sehingga Kalimantan Barat pada akhirnya hadir sebagai sintesa berbagai nilai-nilai keagamaan dan peradaban dunia.

"Hal inilah yang menjelaskan mengapa masyarakat Kalbar dikenal terbuka, toleran, dan berbagai suku bangsa mampu tinggal bersampingan secara damai," ujar Hasto dalam Rakerdasus PDIP Kalbar, Senin (9/4/2018).

Hasto menambahkan, semangat Tanjungpura itulah yang diangkat oleh PDI Perjuangan agar masyarakat Kalbar semakin sadar terhadap sejarah peradabannya.

"Karolin-Gidot punya komitmen kuat untuk menghadirkan keseluruhan tradisi kebudayaan Tanjungpura dan menjadikan Kalbar sebagai daerah perbatasan untuk menjadi Beranda Terdepan Indonesia."

Dengan demikian, lanjut Hasto, Pilkada Kalbar bukan hanya momentum konsolidasi PDIP untuk memenangkan Karolin-Gidot. Pilkada merupakan penegasan untuk membawa kemajuan Kalbar dengan pijakan sejarah dan berdiri kokoh pada akar kebudayaannya.
"Keseluruhan komitmen Jas Merah tersebut dinyatakan dalam Rakerdasus PDIP Kalbar guna memenangkan pasangan Karolin-Gidot."

Selain dihadiri Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Sri Rahayu Ketua DPP Bidang Perempuan, Rakerdasus PDIP Kalbar juga dihadiri oleh anggota DPR RI Lasarus, Michael Jeno, dan Erwin Tobing.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7494 seconds (0.1#10.140)