Mahfud MD Terharu Hadiri Dhaup Ageng Pura Pakualaman

Rabu, 10 Januari 2024 - 20:51 WIB
loading...
Mahfud MD Terharu Hadiri Dhaup Ageng Pura Pakualaman
Calon wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD hadir dalam akad nikah putra bungsu Adipati Pakualaman di Kagungan Dalem Masjid Agung Pakualaman, Rabu (10/1/2024) pagi. Foto/Dokumen Pura Pakualaman
A A A
YOGYAKARTA - Calon wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD hadir dalam akad nikah putra bungsu Adipati Pakualaman, KGPAA Paku Alam X dengan GKBRAA Paku Alam, BPH Kusumo Kuntonugroho dengan putri dari Tri Prabowo dan almh. Wijayatun Hendrimastuti, yaitu Laily Annisa Kusumastuti, Rabu (10/1/2024) pagi.

Pernikahan Agung (Dhaup Ageng) dilaksanakan di Kagungan Dalem Masjid Agung Pakualaman. Dengan setelan jas warna biru, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam ), Mahfud MD duduk disamping kiri mempelai laki-laki.

Kepada awak media, Mahfud mengaku beruntung diundang dalam peristiwa sakral bernuansa tradisi ini. Dia juga bersyukur bisa hadir secara langsung dalam pernikahan yang berlangsung mengesankan dan penuh tradisi.



"Saya beruntung bisa hadir acara dengan nuansa tradisi. Pernikahannya sendiri juga sangat mengesankan, " ujar Mahfud MD.

Meskipun di era modern, kata Mahfud, namun pernikahan B.P.H. Kusumo Kuntonugroho dan Laily Annisa Kusumastuti tetap mempertahankan tradisi. Keluarga besar kedua mempelai juga tidak meninggalkan tradisi Adiluhung.

Mahfud semakin terkesan karena dalam prosesi ada campuran antara tradisi Jawa yang indah dengan dicampurkan hukum Islam serta hukum negara. Tradisi seperti ini memang menjadikan pernikahan itu mengesankan. "Saya beruntung menyaksikan pernikahan diwarnai tradisi dan keagamaan, menyentuh, " tambahnya.

Meski bernuansa tradisi namun aspek legal juga ditandatangi secara sah. Selanjutnya Mahfud mendoakan yang terbaik pada kedua mempelai agar bisa hidup rukun dan tentram serta penuh kasih sayang seperti yang dibacakan oleh petugas yang bertugas.



Prosesi Ijab atau akad nikah di Kagungan Dalem Masjid Agung Pakualaman yang berada di sisi kanan kompleks Pura Pakualaman. Mas kawin dalam akad ini adalah seperangkat alat salat dan Al Quran.

Dalam prosesi ijab Dhaup Ageng, mempelai pria yang merupakan putera bungsu KGPAA Paku Alam X tampil mengenakan busana Surjan berwarna krem berpadu hijau tosca dengan motif bunga-bunga. Sementara mempelai wanita dr Laily Annisa Kusumastuti tampil anggun dengan kebaya berwarna putih dan kain batik bermotif Indra Widagda.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)