Kisah Raja Tarumanagara Purnawarman Hadiahkan Seribu Sapi ke Brahmana

Sabtu, 06 Januari 2024 - 07:57 WIB
loading...
A A A
Keempat, prasasti ini menyebutkan dua buah nama lain di samping Purnawarman, sehingga setidak-tidaknya dapat dipergunakan untuk menentukan siapa sebenarnya Purnawarman.

Nama Candrabhga juga muncul dalam Prasasti Tugu. Poerbatjaraka seroang filolog beranggapan, bahwa itu tentulah nama sungai di India yang diberikan kepada sebatang sungai di Pulau Jawa.

Melalui etimologi ini sampai pada kesimpulan, bahwa nama itu sekarang dikenal dengan nama Bekasi, yang diduga sebagai pusat kerajaan Tarumanagara.

Prasasti Tugu untuk pertama kalinya menyebutkan penanggalan, yang sayang sekali tidak memuat angka tahun yang pasti, hanya menyebutkan phalguna dan caitra, yang bertepatan dengan bulan-bulan Februari-April, menurut perhitungan tarikh Masehi.

Oleh karena di Jawa Barat paling lebat turun hujan pada bulan-bulan Januari dan Februari, mungkin dapat diduga, maksud pembuatan saluran itu tentulah sedikit banyak ada hubungan dengan usaha mengatasi banjir.

Pada prasasti itu cukup tercantum perintah Purnawarman menggali saluran air dengan nama Gomati. Pekerjaan ini dimulai pada hari yang baik, tanggal 8 paro-petang bulan Phlguna dan disudahi pada hari tanggal 13 paro-terang bulan Caitra.

Jadi konon pengerjaannya hanya 21 bulan saja, sedang galian itu panjangnya 6.122 tumbak. Sedangkan proses selamatan baginya dilakukan oleh para brahmana disertai 1.000 ekor sapi yang dihadiahkan dari Purnawarman.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)