Sandiaga Uno dan Fathan Kamil Bicara Potensi Geliat UMKM: Bisnis Kopi Cianjur Menggeliat

Sabtu, 30 Desember 2023 - 09:00 WIB
loading...
Sandiaga Uno dan Fathan Kamil Bicara Potensi Geliat UMKM: Bisnis Kopi Cianjur Menggeliat
Sandiaga Uno tampil menjadi pembicara tentang potensi bisnis kopi dan geliat pelaku UMKM di Kabupaten Cianjur. Foto/MPI/Ricky Susan
A A A
CIANJUR - Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno didampingi Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI nomor urut 2 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Fathan Kamil tampil menjadi pembicara tentang potensi bisnis kopi dan geliat pelaku UMKM di Kabupaten Cianjur.

Sebelum sesi Ngobrolin Kopi, Kang Fathan mengajak Sandiaga Uno berkeliling melihat stand booth UMKM binaan PPP di wilayah Kabupaten Cianjur. Dalam acara Ngobrolin Kopi ini, dihadapan ratusan audiens, Kang Fathan bercerita tentang potensi bisnis kopi di Cianjur.

Alumni IPB University angkatan 26 ini mengatakan, berdasarkan sumber BPS 2023 luas area perkebunan kopi di provinsi Jawa Barat pada tahun 2022 sebesar 52.431 hektar dengan total produksi 23.618 ton dari jumlah produktivitas 750 kg/hektare.



“Dilihat dari keseluruhan UMKM coffee shop yang ada di provinsi Jawa Barat, potensi UMKM coffee shop di Kabupaten Cianjur cukup tinggi. Tercatat UMKM coffee shop di Kabupaten Cianjur selama 3 tahun terakhir sebanyak 265 coffee shop,” kata Fathan.

DPR tengah merancang RUU Pengelolaan Terpadu Kawasan Megapolitan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur). Dengan menyatunya satu wilayah terpadu untuk membangun rencana induk (master plan) Megapolitan Jabodetabekjur.

”Dengan adanya RUU tersebut diharapkan adanya pemerataan sektor ekonomi khususnya di bidang UMKM, lebih khusus UMKM yang bergerak di bidang coffee shop di Cianjur yang notabene-nya masih rendah jika dibandingkan Jabodetabek,” ujar Owner Trust Group ini.



Sandiaga Uno berinteraksi langsung dengan audiens yang hadir terkait dunia usaha dan kondisi pelaku usaha saat ini. Sandiaga mengatakan, hari ini, PPP Kabupaten Cianjur, memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM agar mereka bisa berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi.

Menurut Sandiaga Uno, PPP akan memastikan memberikan solusi kepada masyarakat khususnya hari ini kepada pelaku UMKM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)