BMKG Pasang Alat Pemantau Cuaca Canggih di Pelabuhan Merak Banten

Senin, 25 Desember 2023 - 08:44 WIB
loading...
BMKG Pasang Alat Pemantau Cuaca Canggih di Pelabuhan Merak Banten
BMKG memasang beberapa alat canggih untuk memantau cuaca di Dermaga 2 Reguler, Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Foto/iNews TV/Iskandar Nasution
A A A
CILEGON - Guna memantau cuaca untuk keselamatan penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memasang beberapa alat canggih untuk memantau cuaca terkini.

Pantauan SINDOnews di lokasi, dua unit alat pemantau cuaca milik BMKG terpasang di Dermaga 2 Reguler, Pelabuhan Merak, Banten. Petugas tampak memasang alat yang canggih dari atas mobil cuaca respons cepat dan mobil radar cuaca.

Saat ini cuaca di Pelabuhan Merak terpantau cerah dan sangat baik untuk penyeberangan. ”Alat ini untuk meninjau pemanasan suhu muka laut atau El Nino penyebab tertahannya air hujan,” kata Kabag Tata Usaha BMKG Wilayah II Anton Daud, Senin (25/12/2023).



Menurut dia, kedua alat tersebut akan memantau cuaca di perairan Selat Sunda selama 24 jam penuh. Citra radar cuaca menggambarkan potensi intensitas curah hujan yang dideteksi oleh radar cuaca tersebut.

”Pengukuran intensitas curah hujan (presipitasi) oleh radar cuaca berdasarkan seberapa besar pancaran energi radar yang dipantulkan kembali oleh butiran-butiran air di dalam awan, semuanya bakal kita ketahui,” ucapnya.

Jika terjadi perubahan cuaca, kata dia, pihak BMKG telah bekerja sama dengan stakeholder lainnya masing-masing instansi akan bekerja sesuai tupoksinya agar perjalanan arus mudik Natal dan Tahun Baru tahun ini menjadi lancar.



Saat ini dampak El Nino masih ada, namun untuk wilayah penyeberangan khususnya di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, fenomena ini sangat menguntungkan karena tidak adanya hujan atau angin kencang.

Daud menjelaskan, El Nino saat ini berdampak menguntungkan pelayaran saat ini.Fenomena pemanasan suhu muka laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah membuat air hujan tertahan dan membuat perbedaan cuaca dari tahun ini dan kemarin.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5987 seconds (0.1#10.140)