Kunjungi Ponpes Sirnamiskin Bandung, Mahfud Napak Tilas Gus Dur

Sabtu, 16 Desember 2023 - 17:10 WIB
loading...
Kunjungi Ponpes Sirnamiskin Bandung, Mahfud Napak Tilas Gus Dur
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD berkunjung ke Ponpes Sirnamiskin di Bandung, Sabtu (16/12/2023). Di ponpes ini, Mahfud MD napak tilas Gus Dur. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Dalam dua hari terakhir, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD safari politik wilayah Jawa Barat. Setelah ke Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis, hari ini Mahfud MD melanjutkan kunjungannya ke Bandung.

Tujuan pertama yang dikunjungi adalah Ponpes Sirnamiskin. Mahfud yang datang pukul 08.15 WIB, langsung disambut pengasuh Ponpes KH Achmad Syaiful Rizal dan Rais Syuriah PCNU Kota Bandung KH Ateng Muhaimin. Saat tiba, Mahfud dikalungi kain bernuansa putih dengan corak batik berwarna merah oleh KH Achmad Syaiful.

Mengenakan batik warna merah, kedatangan Mahfud disambut dengan lantunan selawat dari para santri.
Rupanya Mahfud punya alasan khusus mengunjungi Ponpes Sirnamiskin ini.

Mahfud mengatakan, ponpes ini menjadi salah satu saksi sejarah perjalanan para kiai Nahdlatul Ulama (NU). KH Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dimyati menjadi pendorong pendirian pesantren ini. Selain itu, KH Wahid Hasyim juga kerap ke sini. Pun Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid ( Gus Dur ) semasa kecilnya juga pernah di sini. “KH. Syaiful Rizal juga teman saya," kata Mahfud di Ponpes Sirnamiskin, Bandung, Sabtu (16/12/2023).

Ponpes Sirnamiskin, lanjut Mahfud, kerap menjadi tuan rumah jika NU punya tamu-tamu penting. Tak hanya itu, pesantren ini juga dekat dengan Gus Dur. “Jadi kami ini semacam napak tilas pesantren yang dekat dengan Gus Dur. Apalagi hari ini (Sabtu) haul Gus Dur, sedang haul Gus Dur," kata Menko Polhukam ini.

Mahfud memiliki harapan besar kepada setiap santri-santri di tiap ponpes. Menurut dia, santri memiliki syariah yang penuh dengan kedamaian untuk membangun negara. “Saya berharap dari pesantren akan lahir kader bangsa yang demokratis dan berwawasan syariah yang penuh kedamaian, kerukunan dan persaudaraan," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)