22.000 Warga Rentan Miskin di Solo Segera Tercover JKN-KIS

Senin, 15 Januari 2018 - 20:27 WIB
22.000 Warga Rentan Miskin di Solo Segera Tercover JKN-KIS
22.000 Warga Rentan Miskin di Solo Segera Tercover JKN-KIS
A A A
SOLO - Pemkot Solo, Jawa Tengah, menargetkan 22.000 warga rentan miskin di wilayahnya tercover program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Februari mendatang. Pembayaran premi rencananya dari APBD tahun 2018.
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengatakan, kondisi warga rentan miskin perlu dipikirkan sejak dini dengan mengikutkannya ke program JKN-KIS. Sehingga mereka lebih tenang menjalani hidup, sembari berupaya meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Mereka tidak lagi cemas memikirkan biaya kesehatan jika sewaktu-waktu sakit,” tegas Rudy di Solo, Jawa Tengah, Senin (15/1).

Dari sisi psikologis, diharapkan sebagai bentuk pencegahan agar tidak jatuh sakit. Terlebih, pihaknya juga menyediakan fasilitas pemeriksaan laboratorium secara gratis pada fasilitas kesehatan tingkat I.

Harapannya, setiap warga dapat mendeteksi perkembangan kesehatan sejak awal. Dengan upaya preventif, kemungkinan jatuh sakit lebih parah diharapkan dapat dicegah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan, penerbitan kartu JKN-KIS bagi 22.000 warga rentan miskin masih diproses Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Warga yang masuk kategori rentan miskin, bisa berubah miskin ketika jatuh sakit dan terbebani biaya berobat yang mahal,” kata Siti Wahyuningsih. Sehingga, kondisi ekonomi keluarga menjadi turut terguncang.

Sementara, warga miskin dan sangat miskin yang mencapai 160.000 jiwa, sudah tercover JKN-KIS yang dibiayai pemerintah pusat. Saat ini, sekitar 81% warga Solo telah terlindungi jaminan kesehatan.

Baik yang dibiayai pemerintah pusat, Pemprov Jawa Tengah, Pemkot Solo, perusahaan swasta, dan mandiri. Pihaknya menargetkan akhir tahun 2018, seluruh warga Solo telah tercover jaminan kesehatan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6611 seconds (0.1#10.140)