Misteri dan Legenda Gunung Marapi di Sumatera Barat, Jadi Simbol Budaya Minangkabau

Jum'at, 08 Desember 2023 - 17:47 WIB
loading...
Misteri dan Legenda Gunung Marapi di Sumatera Barat, Jadi Simbol Budaya Minangkabau
Gunung Marapi dikenal sebagai gunung yang kaya akan cerita misteri. Kisah mistis dan legendanya kini masih dipercaya masyarakat setempat. Foto/Instagram @wisatapadang
A A A
JAKARTA - Gunung Marapi merupakan salah satu gunung berapi aktif di Sumatera Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.891 meter dan terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

Terbaru, Gunung Marapi mengalami erupsi pada Minggu, 3 Desember 2023, sekitar pukul 14.45 WIB. Hal tersebut tentu membuat masyarakat panik, terutama yang tinggal di sekitar lereng gunung.

Terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan, Gunung Marapi juga dikenal sebagai gunung yang kaya akan cerita misteri. Kisah mistis dan legendanya kini masih dipercaya masyarakat setempat.

Salah satu aspek yang menarik adalah peristiwa alam yang terjadi selama peristiwa erupsi. Peristiwa tersebut dianggap oleh masyarakat sebagai tanda atau pesan tertentu oleh masyarakat lokal.

Sama halnya dengan gunung-gunung di Pulau Jawa, Gunung Marapi juga mempunyai misteri dan legenda yang menarik untuk diketahui. Melansir dari kanal Youtube Berbagi Tahu, berikut misteri dan legenda Gunung Marapi.

Misteri dan Legenda Gunung Marapi


1. Menjadi Asal-usul Masyarakat Minangkabau


Gunung Marapi diyakini sebagai asal usul masyarakat Minangkabau, yang menurut legenda selamat dari banjir besar dengan menaiki gunung tersebut. Gunung ini juga menjadi simbol budaya Minangkabau karena Rumah Gadang harus menghadap ke arah gunung ini.



Dalam ceritanya, orang Minangkabau pertama kali menetap di gunung ini ketika ukuran gunung hanya sekecil telur dan dikelilingi oleh air. Hal tersebut terlihat dari banyaknya batu penguburan tegak atau menhir yang mengarah ke arah gunung, yang condong mencerminkan aspek budaya mereka.

2. Gunung Api yang Rawan Meletus


Gunung Marapi memang memiliki panorama yang indah, dengan pemandangan kota Bukittinggi dan bunga edelweis di puncaknya. Namun, gunung ini juga memiliki kawah aktif yang mengeluarkan asap dan abu. Para pendaki harus berhati-hati saat mendaki gunung ini, karena sering terjadi letusan.

3. Punya Tempat Mistis


Gunung Marapi memiliki beberapa tempat yang dipercaya memiliki kisah mistis, seperti Tugu Abel, sebuah tugu peringatan untuk seorang pendaki yang meninggal di gunung ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)