Gelar Annual Member Meeting 5 di Bandung, IDNIC Perkuat Ekosistem Internet Indonesia

Jum'at, 08 Desember 2023 - 13:12 WIB
loading...
A A A
Dalam mengembangkan perannya dalam menyediakan informasi serta keterampilan jaringan di Indonesia sesuai dengan kebutuhan masyarakat nasional dan internasional, IDNIC juga menyediakan serangkaian IDNIC Training Series #4 dalam AMM #5.

Hal itu sebagai wadah dalam membahas bagaimana kelanjutan gelombang konektivitas global berikutnya di Indonesia. ”Juga sektor publik mengadopsi ini dalam kegiatan sehari-hari. Training ini menghadirkan trainer istimewa dari APNIC di kelas Awal Haolader,” imbuhnya.

Ketua Umum APJII, Muhammad Arif mengatakan, acara ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun dengan tujuan untuk mengupdate teknologi terbaru di Indonesia.

”Ini acara tahunannya IDNIC setiap tahun mengadakan acara yang serupa. Tahun lalu kita mengadakan di SGSI, tahun ini di Bandung yang pasti acara ini lebih untuk mengupdate banyak teknologi terbaru, 5G juga perkembangan dunia teknologi di Indonesia,” tuturnya.

Arif mengatakan, selama dua tahun ini pihaknya tersebut mengembangkan program bernama DNS (Domain Name System) Indonesia. Menurutnya, program ini untuk menyaring konten-konten negatif di masyarakat.

Pengurus Unit Pelatihan dan Produktivitas SDM IDNIC APJII, M. Andri Setiawan mengungkapkan, dalam satu tahun pihaknya menggelar empat kali pertemuan pelatihan. ”Pada prinsipnya training dilakukan APJII ini membantu memperkuat ekosistem internet,” ujarnya.

Sebab menurutnya, internet di Indonesia sendiri adalah bagian dari keseluruhan ekosistem internet di seluruh dunia, dan Indonesia bertanggungjawab penuh untuk kemudian memberikan layanan internet yang baik.

Selain itu, pelatihan ini juga dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas internet. Sehingga, siapapun yang menjadi bagian dari ekosistem internet itu betul-betul memberikan akses internet yang terbuka, stabil dan aman.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)