Petaka Banjir Bandang di Humbang Hasundutan: 1 Tewas, 11 Hilang dan 200 Orang Mengungsi

Senin, 04 Desember 2023 - 09:37 WIB
loading...
Petaka Banjir Bandang di Humbang Hasundutan: 1 Tewas, 11 Hilang dan 200 Orang Mengungsi
Satu warga ditemukan meninggal dunia dan 11 orang masih hilang akibat banjir bandang yang menerjang Desa Simangalumpe, Kecamatan Baktiraja. Foto/BPBD Humbang Hasundutan
A A A
HUMBAHAS - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 200 orang mengungsi akibat banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara. Ada satu orang meninggal dunia dan 11 orang masih hilang.

“Petaka curah hujan tinggi menyebabkan banjir bandang yang memaksa lebih 200 jiwa mengungsi,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Senin (4/12/2023).

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto bertolak menuju Kabupaten Humbang Hasundutan pagi ini. Kehadiran Kepala BNPB itu sekaligus menjadi representasi pemerintah pusat yang selalu hadir meringankan beban masyarakat terdampak bencana.



Sesuai agenda, Kepala BNPB dijadwalkan memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan darurat bencana dilanjutkan meninjau lokasi terdampak banjir bandang.

Dalam rapat koordinasi tersebut, seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Humbang Hasundutan akan hadir, mulai dari Bupati, Danrem, Dandim, Kapolres, Pj. Sekda Kab, Kadinsos Provinsi Sumatera Utara, Kepala Pelaksana BPBD dan SKPD terkait.



Pada kesempatan itu, Kepala BNPB akan memberikan beberapa butir arahan terkait upaya penanganan darurat dan lebih berfokus pada penyelamatan, operasi pencarian serta pertolongan.

Pada kunjungan kerja tersebut, Kepala BNPB juga akan menyerahkan dukungan berupa Dana Siap Pakai (DSP) maupun logistik dan peralatan yang meliputi tenda pengungsi, tenda keluarga, sembako, selimut, matras, velbed.

Kemudian lampu penerangan, genset listrik, mesin pompa air beserta selangnya, guna mendukung percepatan penanganan banjir bandang.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4314 seconds (0.1#10.140)