Kisah Ki Ageng Ngaliman, Putra Sunan Giri Dihukum Mati usai Tantang Mataram

Minggu, 03 Desember 2023 - 14:58 WIB
loading...
Kisah Ki Ageng Ngaliman, Putra Sunan Giri Dihukum Mati usai Tantang Mataram
Jamasan pusaka Ki Ageng Ngaliman di Desa Ngaliman, Kabupaten Nganjuk. Foto/Dok. nganjukkab.go.id
A A A
Salah satu putra Sunan Giri, yang diketahui bernama Aliman, dan kemudian hari dikenal dengan Ki Ageng Ngliman atau Ki Ageng Ngaliman, dibuang di sebuah bukit di sisi utara Gunung Wilis. Pembuangan terhadap Aliman ini, sebagai bentuk hukuman karena tabiatnya yang buruk.



"Dia mengejek pengetahuan santri, meremehkan ilmu para mutakalim," demikian dikutip dari buku Kisah Brang Wetan Berdasarkan Babad Alit dan Babade Nagara Patjitan (2021). Aliman dinilai telah menggerogoti ajaran syariat Islam, yang diajarkan Sunan Giri.



Sunan Giri yang bernama kecil Raden Paku, merupakan putra Syaikh Maulana Ishak. Sebagaimana Sunan Ampel, mertuanya, Sunan Giri mengembangkan Islam melalui jalur kekuasaan dan perniagaan.



Dalam buku Atlas Wali Songo (2016) disebutkan, salah satu bidang dakwah yang digarap Sunan Giri adalah pendidikan, yakni mengembangkan sistem pesantren. Kemudian juga bidang politik dan kebudayaan yang itu tak lepas dari kebijaksanaan wali lainnya.

Gelar Prabu Satmata, yakni salah satu nama Dewa Siwa yang diberikan kepada Sunan Giri, adalah merujuk pada kekuasaan politik yang dimiliki. Catatan Literature of Java (1967-1980) Th.H.Th. Pigeaud menyebut, pada tahun 1485 Masehi, Sunan Giri membangun kedhaton di puncak bukit yang kemudian dikenal bernama Giri Kedhaton.

Sementara polah tingkah Aliman, secara tidak langsung telah menggerogoti ajaran Islam. Aliman tidak henti-henti mencemooh pengetahuan para santri. Ilmu para orang-orang alim (mutakalim) terus direndahkannya dan itu membuat keresahan di mana-mana.

Kisah Ki Ageng Ngaliman, Putra Sunan Giri Dihukum Mati usai Tantang Mataram
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)