Lazisnu Salurkan Bantuan Usaha untuk Pelaku UMKM di Jateng

Kamis, 30 November 2023 - 20:27 WIB
loading...
Lazisnu Salurkan Bantuan Usaha untuk Pelaku UMKM di Jateng
Para pelaku UMKM di Jateng mendapat bantuan usaha yang disalurkan oleh NU Care-Lazisnu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Foto/Ist
A A A
TEMANGGUNG - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Tengah mendapat bantuan usaha yang disalurkan oleh NU Care- Lazisnu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Penyerahan bantuan usaha dilaksanakan di Pondok Pesantren Ash-Shofwah Al-Hidayah Pendowo, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Selasa (28/11/2023).

Sekretaris Lazisnu PBNU H Moesafa mengatakan, penyaluran bantuan usaha merupakan realisasi dari pengumpulan Sedekah Peduli Kemanusiaan via kasir Indomaret periode Juli-September 2023. Program pemberdayaan ekonomi ini masuk dalam program NU Care Berdaya yang bertujuan untuk mendampingi, membantu, dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Moesafa menjelaskan, penerima manfaat program adalah masyarakat yang sudah memiliki usaha. Bantuan yang disalurkan diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan produktivitas ekonomi para pelaku UMKM.

"Yang kita pilih (penerima bantuan) adalah yang sudah mempunyai usaha. Usahanya sudah berjalan. Dan berdasarkan survei yang kita lakukan, para pelaku usaha ini perlu kita dukung, sehingga bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas ekonominya," kata Moestafa dalam keterangan tertulis, Kamis (30/11/2023).



Selain penyaluran bantuan usaha, pada kesempatan tersebut para penerima bantuan diberikan pembekalan terkait bussiness plan dan tata kelola kewirausahaan.

Bantuan yang disalurkan berupa gerobak UMKM, bantuan renovasi rumah produksi, serta modal usaha. Bantuan tersebut diserahkan kepada para pelaku UMKM yang berada di 6 (enam) kabupaten/kota di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Temanggung, Cilacap, Kebumen, Banyumas, Wonosobo, dan Kabupaten Banjarnegara.

Deputy Branch Manager Indomaret, Tafan Russuardi menuturkan penyaluran bantuan itu sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam mendorong pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat. "Bantuan itu dalam rangka mendukung pemerintah dalam mendorong pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat. Juga sebagai bentuk kepedulian kepada pelanggan setia," katanya.

Tafan menjelaskan, program pemberdayaan ekonomi ini merupakan program ke-6 sepanjang pihaknya bekerja sama dengan NU Care-Lazisnu. Pada 2018 adalah yang pertama terkait bantuan renovasi insfratruktur untuk warga terdampak gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kemudian bantuan untuk warga terdampak gempa di Palu Sulteng, lalu bantuan untuk korban gempa di Sulbar. Selanjutnya perbaikan sarana prasarana di sekolah-sekolah di 13 provinsi di Indonesia, dan ada juga program renovasi ruang belajar di area Jawa. Semua itu hasil dari donasi konsumen atau pelanggan Indomaret yang dikelola dalam Program Sedekah Peduli Kemanusiaan," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4257 seconds (0.1#10.140)