Baguna PDIP Terjunkan Tim Bantu Korban Bencana di Pacitan

Senin, 04 Desember 2017 - 16:54 WIB
Baguna PDIP Terjunkan Tim Bantu Korban Bencana di Pacitan
Baguna PDIP Terjunkan Tim Bantu Korban Bencana di Pacitan
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengirimkan tim guna membantu penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Sekretaris Baguna PDIP Alvian Feoh yang memimpin lagsung personel Baguna ke Pacitan mengungkapkan, aktivitas membantu korban bencana di Kabupaten Pacitan sudah dimulai dari tanggal 2 Desember 2017. Ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Baguna PDIP yakni pelayanan kesehatan, dapur umum, pembagian sembako, dan bersih kampung.

"Tim Baguna terdiri dari 15 personel Baguna Pusat dan struktural DPC ditambah 50 orang relawan PDI Perjuangan Kabupaten Pacitan yang bertugas membantu membersihkan rumah-rumah warga yang terdampak," kata Alvian, Senin (4/12/2017).

Alvian mengungkapkan, pembagian logistik dilakukan di enam titik kecamatan dengan jumlah 6.000 paket. Masing-masing kecamatan didistribusikan 1.000 paket logistik yang terdiri dari selimut, sabun mandi, popok, gula pasir, beras, mi instan, dan minyak goreng.

Adapun kegiatan dapur umum setiap hari Baguna PDIP menyiapkan 1.000 bungkus dan didistribusikan di rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan berat. Kemudian, kegiatan bersih kampung, Baguna PDIP yang dipimpin oleh Bambang Gunawan dan Imam Taryudi bersama Pengurus DPC PDIP dan relawan partai yang berjumlah 50 orang membantu membersihkan rumah-rumah warga di Kelurahan Arjowinangun dan Tanjung Sari.

"Rencana dalam lima hari ke depan tim bersih kampung akan secara masif melakukan bersih-bersih lingkungan," ujar Alvian.

Dalam melakukan aktivitas membantu korban, lanjut Alvian, personel Baguna senantiasa berpedoman pada pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahwa dalam membantu korban jangan pernah membedakan warna kulit, agama, apalagi pilihan politik. Sebab, semua anak bangsa harus senantiasa bergotong royong membatu sesama warga bangsa.

"Dengan berpedoman pada pesan Ibu Mega, personel tetap semangat .Karena hakikatnya Baguna adalah alat perjuangan partai di bidang kemanusiaan," tuturnya.

Alvian juga sekaligus menyampaikan instruksi Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto agar Baguna langsng turun ke Pacitan membantu korban. "Kita semua warga bangsa, sampaikan pesan kepedulian dan kebersamaan PDI Perjuangan dengan saudara-saudara kita di Pacitan," kata Alvian mengutip instruksi Hasto. (Baca Juga: Korban Banjir dan Longsor Pacitan Bertambah Jadi 25 Orang, BNPB Kerahkan Helikopter(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6589 seconds (0.1#10.140)