Hujan Deras sejak Senin, Banjir dan Longsor Terjang Pacitan

Selasa, 28 November 2017 - 15:02 WIB
Hujan Deras sejak Senin, Banjir dan Longsor Terjang Pacitan
Hujan Deras sejak Senin, Banjir dan Longsor Terjang Pacitan
A A A
PACITAN - Banjir merendam sejumlah desa di empat kecamatan di Kabupaten Pacitan. Air yang merendam sebagian Desa Sidomulyo (Kecamatan Ngadirojo), Desa Lorok dan Desa Kebonagung (Kecamatan Kebonagung), Kecamatan Pacitan serta Kecamatan Arjosari berasal dari hujan deras sejak Senin 27 November 2017.

"Ketinggian air lebih dari 1 meter," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Ratna Budiono kepada wartawan, Selasa (28/11/2017).

Luapan air hujan merendam ruas jalur lintas selatan (JLS). Ketinggian air yang tidak mampu meresap itu hingga menyentuh batas atas roda truk. "Karena posisi JLS lebih tinggi ketinggian air tidak separah area lain,” ujarnya.

Dari pantauan BPBD, kondisi terparah melanda area persawahan. Secara topografi sawah berposisi lebih rendah dibanding jalan. Di wilayah Kecamatan Kota (Pacitan), seluruh sawah nyaris tenggelam. Hanya saja belum ada perhitungan pasti seberapa luas area persawahan yang tenggelam.

BPBD sejak Selasa (28/11/2017) pukul 03.00 WIB dini hari telah mendirikan dapur umum di Desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan dan Kecamatan Kebonagung. Hal itu menyusul limpahan air yang masuk ke permukiman warga.

Menurut Ratna, pihaknya belum mengetahui seberapa banyak jumlah warga yang mengungsi. Namun dari 500 nasi bungkus yang disediakan dalam sekejap ludes dibagikan kepada pengungsi. "Kita belum bisa menghitung berapa banyak jumlah pengungsi, "terangnya.

BPBD juga menerima informasi adanya seorang anak di Desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan terseret arus banjir. Anak yang belum diketahui identitas, cirri-ciri dan spesifik alamat itu dikabarkan lenyap saat banjir menerjang kampungnya.

Informasi itu menyebar via WhatsApp yang belum bisa dipastikan kebenarannya. "Namun kita mengerahkan tim untuk melakukan pencarian sekaligus memastikan kebenarannya, "paparnya.

Saat bersamaan BPBD Pacitan juga menerima laporan musibah tanah longsor di Desa Kresem. Informasinya, material yang menimpa rumah melukai salah seorang warga. Korban langsung dilarikan ke RSUD Pacitan.

Longsor juga terjadi di sejumlah ruas JLS di wilayah Tamperan Pacitan. Belum diketahui pasti apakah longsor juga menimbun rumah warga atau tidak. "Hingga kini kami terus menghimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan," ujarnya. Sementara meski air berangsur surut, hujan masih mengguyur sebagian besar wilayah Pacitan.

Amin, warga Kediri yang kerap melakukan perjalanan ke Pacitan membenarkan banjir akibat hujan deras mudah melanda sebagian besar wilayah Pacitan. Apalagi hingga dua pekan terakhir ini intensitas curah hujan relatif tinggi. "Selain banjir biasanya juga tanah longsor. Terutama kawasan masuk Kota Pacitan," ujarnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4460 seconds (0.1#10.140)