Uji Coba Sukses, Tol Soroja Layak Digunakan

Jum'at, 24 November 2017 - 15:52 WIB
Uji Coba Sukses, Tol Soroja Layak Digunakan
Uji Coba Sukses, Tol Soroja Layak Digunakan
A A A
BANDUNG - Uji coba Tol Soreang Pasir Koja (Soroja) yang dilakukan tim gabungan berjalan sukses. Hasilnya, akses tol penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung itu layak digunakan dan siap diresmikan.

"Hasil kajiannya positif, cukup bagus. Tidak ada catatan dan layak digunakan," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa di Bandung, Jumat (24/11/2017).

Menurut Iwa, karena sudah dinyatakan layak digunakan, pihaknya tinggal menunggu kesiapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meresmikan tol sepanjang 10,5 kilometer tersebut.

"Kelihatannya peresmiannya akhir November ini, mudah-mudahan semuanya lancar," ujarnya.

Terkait progres pembangunan terakhir, lanjut Iwa, secara keseluruhan kini sudah mencapai 100%. Diakui Iwa, masih terdapat sejumlah pekerjaan yang belum selesai, namun sifatnya hanyalah pekerjaan finishing.

"Secara umum, struktur sudah selesai 100% jadi siap diresmikan. Sebab, yang belum selesai hanya hal-hal yang sifatnya tambahan, kalau secara keseluruhan sudah lancar," jelasnya.

Sementara itu, sebagai pelaksana proyek, Direktur Utama Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) Bagus Medi Suarso mengatakan, tim gabungan melakukan pengecekan fungsi kelayakan pada Kamis hingga Jumat (16-17/11/2017) lalu.

"Uji layak fungsi terhadap jalan tol ini harus dilakukan agar bisa diketahui layak digunakan atau tidak," terangnya.

Menurut Medi, dalam beberapa hari ke depan, pihaknya akan berupaya menuntaskan seluruh sisa pekerjaan. Dia menargetkan, seluruh pekerjaan rampung sebelum peresmian yang dijadwalkan akhir November 2017 ini.

Kehadiran Tol Soroja diyakini dapat menjadi solusi kemacetan parah yang kerap terjadi di jalan arteri penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Pasalnya, Tol Soroja diyakini dapat memangkas waktu tempuh dari Kota Bandung menuju Kabupaten Bandung maupun sebaliknya, dari yang biasanya dua jam menjadi sepuluh menit saja.

Tol Soroja dilengkapi lima pintu gerbang, yakni di Soreang, Margaasih, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur, dan Pasir Koja. Menurutnya, transaksi di seluruh pintu keluar-masuk kendaraan tersebut juga menggunakan elektronic toll (e-toll).
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8726 seconds (0.1#10.140)