Sekjen PDIP Mulai Roadshow Perkenalkan Gus Ipul-Anas

Minggu, 22 Oktober 2017 - 12:18 WIB
Sekjen PDIP Mulai Roadshow Perkenalkan Gus Ipul-Anas
Sekjen PDIP Mulai Roadshow Perkenalkan Gus Ipul-Anas
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melakukan rangkaian kunjungan kerja menemui kader di wilayah mataraman dalam rangka konsolidasi partai menjelang Pilgub Jatim 2018. Hasto di beberapa pertemuan menjelaskan secara khusus pencalonan Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas.

Hasto mengawali pertemuan dengan struktur dan kader partai di Tulungagung, Sabtu (21/10/2017) siang. Dalam pertemuan itu, Hasto menjelaskan PDIP menyiapkan calon dengan sebaik-baiknya. Hasto meminta para kader untuk sepenuhnya mendukung keputusan yang telah diambil Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu.

Dia menyebutkan, pilkada ini kewenangannya di DPP PDI Perjuangan. Sebelum diputuskan, ada juga survei terhadap calon. "Secara ideal tugas partai mempersiapkan calon pemimpin. Siapa pun yang direkomendasi wajib ditaati kader partai," kata Hasto.

Hasto juga menegaskan dalam pilkada prinsip gotong royong dikedepankan. Di Tulungagung, selain melakukan konsolidasi internal pemenangan Pilkada Serentak 2018 di Jatim, kesempatan itu dimanfaatkan Hasto mengumumkan keputusan rekomendasi DPP PDIP atas calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung yang diusung partai itu kepada pasangan petahana Syahri Mulyo dan Maryoto Bhirowo.

Terkait alasan PDIP tidak mengusung Khofifah pada Pilgub Jawa Timur, Hasto Khofifah saat ini masih menjabat sebagai Menteri Sosial. Menurut Hasto, tugas membantu Presiden Joko Widodo menjaga stabilitas nasional lebih besar bagi Khofifah. Karena itu, PDIP memilih mendukung Saifullah Yusuf yang sama-sama memiliki kedekatan dengan nahdliyin.

Sabtu malam (21/10/2017) di Trenggalek, Hasto memimpin rapat koordinasi. Tidak hanya pengurus partai dari Kabupaten Trenggalek, juga turut hadir pengurus partai dari Kabupaten Ponorogo. Bupati Trenggalek Emil Dardak juga turut hadir mendengarkan pemaparan dari Sekjen PDIP.

Hasto pun sempat mendaulat Emil untuk memberikan paparannya terhadap apa yang dilakukan dan akan dilakukan di Trenggalek.

Dalam pidatonya, Hasto menekankan bahwa kader dan struktur partai agar bahu-membahu demi kemenangan Gus Ipul dan Anas di pilkada mendatang. "Semua harus tegak lurus dan bergotong royong mendukung pasangan Gus Ipul dan Anas," imbaunya.

Hasto menjelaskan bahwa sosok Gus Ipul memiliki kedekatan dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Gus Dur menitipkan Gus Ipul ke Ibu Megawati. Gus Ipul dari keluarga nahdliyin yang merupakan sahabat PDIP. Pak Anas sering bertemu dan berdialog dengan Megawati saat dirinya sedang di Jakarta," jelas Hasto.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9995 seconds (0.1#10.140)