Fasilitas Tak Ideal, Damkar KBB Kesulitan Jangkau Kebakaran di Wilayah Selatan

Senin, 13 November 2023 - 14:10 WIB
loading...
Fasilitas Tak Ideal, Damkar KBB Kesulitan Jangkau Kebakaran di Wilayah Selatan
Fasilitas di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih jauh dari ideal. Foto/Ist
A A A
CIMAHI - Fasilitas di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih jauh dari ideal. Mulai dari jumlah armada hingga Pos Wilayah (Poswil) pelayanan.

Hal itu dirasa menghambat pelayanan pemadaman kebakaran mengingat wilayah KBB memiliki cakupan wilayah yang sangat luas yang tersebar di 16 kecamatan dan 165 desa. Imbasnya, respon time khususnya ke wilayah selatan lebih lambat.

"Contohnya kemarin ada kebakaran di Gununghalu, jarak tempuhnya itu minimal 1 jam lebih dari Poswil Cililin yang paling dekat, kita sampai udah beres," ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan KBB, Siti Aminah Anshoriah saat dihubungi, Senin (13/11/2023).

Dia mengatakan, hingga saat ini Poswil Damkar KBB baru ada lima titik. Yakni di Padalarang, Lembang, Cililin, Cikalongwetan dan Cipatat. Jumlah pos pemadaman itu tentu saja sangat jauh dari kata ideal untuk mengcover semua wilayah di Bandung Barat. Khususnya di wilayah selatan.



Padahal idealnya, kata Siti, di setiap kecamatan ada Poswil Pemadam Kebakaran agar respons time maksimal 15 menit bisa tercapai. Namun untuk terdekat, pihaknya menargetkan mendirikan Poswil di wilayah selatan terlebih dulu.

"Mudah mudahan tahun depan bisa buka Poswil baru, paling tidak di wilayah Gununghalu jadi tenga-tengah. Jadi gak terlalu jauh untuk pelayanan di Cipongkor, Rongga dan Gununghalu," beber Siti.

Untuk mengantisipasi kurangnya Poswil itu, pihaknya membentuk relawan pemadam kebakaran di setiap wilayah. Namun relawan itu belum menyentuh wilayah selatan. Pihaknya menargetkan di setiap desa terdapat relawan.

"Jadi makannya sebenarnya kita mau membentuk relawan pemadam kebakaran jadi mereka turun duluan sebelum kita sampai," ucap Siti.

Selain Poswil, armada mobil pemadam di Bandung Barat juga masih terbatas. Saat ini, kata Siti, pihaknya hanya memiliki delapan unit armada pemadam. Jumlah itu tentunya sanga tidak seimbang dengan luas wilayah KBB yang mencapai sekitar 1.287 kilometer.

Dari delapan unit yang ada, terang dia, mayoritas merupakan armada berusia tua yang membutuhkan banyak perbaikan. Sedangkan yang masuk kategori baru hanya ada tiga unit.

"Unit 8 ya gak ideal mencakup wilayah, paling tidak setiap kecamatan ada satu minimalnya kalau idelanya dua setiap kecamatan. Pasti ada penambahan, Insya Allah ada satu tahun depan lumayan," ujar Siti.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)