Ikut Kumpul di Rumah Gus Mus, Erry Riyana Soroti Hilangnya Nurani Penyelenggara Negara

Minggu, 12 November 2023 - 16:09 WIB
loading...
Ikut Kumpul di Rumah Gus Mus, Erry Riyana Soroti Hilangnya Nurani Penyelenggara Negara
Eks Wakil Ketua KPK Erry Riyana Hardjapamekas ikut hadir bersama sejumlah tokoh yang bertemu dengan KH Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus di Kelurahan Leteh, Rembang. Foto/Ist
A A A
REMBANG - Erry Riyana Hardjapamekas ikut hadir bersama sejumlah tokoh bangsa yang bertemu dengan KH Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus di Kelurahan Leteh, Rembang, Jawa Tengah, Minggu (12/11/2023). Mereka menyebut pertemuan sebagai Majelis Permusyawaratan Rembang.

Selain eks Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, sejumlah tokoh juga hadir. Di antaranya Sinta Nuriyah Wahid, Goenawan Mohamad, Nasaruddin Umar, Frans Magnis Suseno, Rhenald Kasali, Erry Riyana Hardjapamekas, Lukman Hakim Saifuddin, dan lainnya.

Dalam sesi konferensi pers yang disiarkan dalam YouTube, Erry Riyana menyoroti hilangnya nurani dari sebagian kecil penyelenggara negara di Indonesia saat ini. Disaat Indonesia tengaha memasuki tahun politik.

"Yang tidak memiliki nurani itu sebagian kecil yang kebetulan memegang kekuasaan," ucap Erry.



Namun, kata dia, Gus Mus dalam pertemuan dengan sejumlah tokoh itu mengajak semua masyarakat untuk selalu berprasangka baik. Sebab, kata dia, mungkin saja masih ada sebagian penyelenggara negara yang masih bisa diharapkan dan memiliki hati nurani.

"Gus Mus mengajak kita untuk bersangka baik, tidak semua penyelenggara negara seperti yang kita pikirkan. Sebagian besar mungkin masih bisa kita harapkan," ujar Erry.

Pesan Gus Mus, kata Erry, yang harus dilakukan dalam menyikapi kondisi saat ini adalah saling mengingatkan. Termasuk bagi penyelenggara yang memang dinilai tidak memiliki hati nurani.

"Oleh karena itu masih ada harapan melalui pemberian nasehat. Gus Mus tadi menyampaikan secara tegas kita nasehati pemimpin kita dan kita nasehati juga masyatakat. Jadi masyarakat tenang, sebagian besar penyelenggara negara pasti memiliki nurani. Yang tidak memiliki nurani itu sebagian kecil yang kebetulan memegang kekuasaan," tegas Erry.

Seperti diketahui, para tokoh yang mengatanamakan Majelis Permusyawaratan Rembang itu sowan ke kediaman Gus Mus. Dalam konferensi pers itu, mereka menyampaikan keresahan dan keprihatinan terkait kondisi politik bangsa ini.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3310 seconds (0.1#10.140)