Hanura Tegaskan Belum Berkoalisi dengan Partai Lain di Pilgub Jabar

Senin, 16 Oktober 2017 - 12:24 WIB
Hanura Tegaskan Belum Berkoalisi dengan Partai Lain di Pilgub Jabar
Hanura Tegaskan Belum Berkoalisi dengan Partai Lain di Pilgub Jabar
A A A
BANDUNG - DPD Partai Hanura Jawa Barat membantah tegas anggapan yang menyebutkan Hanura telah bergabung ke dalam koalisi yang dibangun PDIP dan Golkar.

Wakil Ketua DPD Partai Hanura Jabar Dian Rahadian menegaskan, hingga kini, partainya masih patuh menunggu putusan Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang terkait koalisi dan pengusungan cagub/cawagub Jabar.

"Kita belum ada koalisi apapun. Ketua DPD Hanura Jabar sudah tegaskan menyerahkan sepenuhnya soal Pilgub Jabar ke DPP. Jadi kami tegaskan tidak ada koalisi apapun yang diikuti Hanura," tegas Dian kepada wartawan, Senin (16/10/2017).

Menurut Dian, semua partai di tingkat Jabar pun pasti memahami bahwa konteks Pilgub Jabar merupakan kewenangan DPP. Karena itu, manuver apapun soal koalisi menjadi percuma selama tidak disertai keputusan resmi dari DPP.

"Selama ini baru sebatas komunikasi dan membangun kesepahaman, itu hal biasa. Persoalan koalisi, seluruh DPD menyerahkan ke DPP masing-masing. Saat kita bertemu dengan PDIP atau Golkar kemarin, tidak dibahas apapun. PDIP pun berbicara begitu," jelasnya.

Dian mengaku tak habis pikir dengan klaim bergabungnya Hanura ke Koalisi Pancasila tersebut. Pasalnya, Ketua Umum Partai Hanura belum memberikan arahan apapun.

"Pertimbangannya apa ya sampai ada klaim begitu? Kita mempertanyakan. Sampai sekarang Hanura tidak bersikap apapun. Masih menunggu DPP," tegasnya.

Meski pun hanya memiliki 3 kursi di DPRD Jabar, Dian menegaskan, Hanura memiliki semangat mengusung kader terbaik, salah satunya Ketua DPD Partai Hanura Jabar Aceng Fikri.

"Kita pun mencoba realistis. Masih berproses, ada mekanisme. Ujung-ujungnya ada di ketua umum. Menurut ketua umum, calon di Jabar bagus-bagus dan pintar-pintar. Kita jalankan mekanisme. Kita ada lembaga survei yang ditunjuk DPP. Jadi kemarin hanya silaturahmi, memberi masukan, realisasi koalisi tidak lah. Kita tertib menunggu arahan pusat," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, jalinan kerja sama yang dibangun PDIP dan Golkar dalam rangka membangun koalisi jelang Pilgub Jabar 2018 semakin kuat. Bahkan, dalam waktu dekat, kedua partai sepakat untuk menandatangani nota kesepakatan koalisi.

Jumat (13/10/2017), jajaran petinggi DPD PDIP Jabar dan DPD Golkar Jabar kembali bertemu untuk kesekian kalinya. Dalam kesempatan tersebut, kedua petinggi partai mengklaim bahwa hubungan PDIP-Golkar tak akan tergoyahkan, terlebih PDIP-Golkar mendapat tambahan kekuatan dari Hanura.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0710 seconds (0.1#10.140)