Mahasiwa UNY Dituding Lecehkan Maba, Begini Respons Pihak Kampus

Jum'at, 10 November 2023 - 16:35 WIB
loading...
Mahasiwa UNY Dituding Lecehkan Maba, Begini Respons Pihak Kampus
Foto Ilustrasi Pelecehan/Dok.Sindonews
A A A
YOGYAKARTA - Dugaan pelecehan yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terhadap mahasiswa baru (Maba) menjadi viral di media sosial setelah diunggah akun X @UNYmfs. Tuduhan itu ditujukan kepada mahasiswa berinisial MF anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Postingan yang disertai dengan bukti potongan percakapan pesan singkat yang diduga antara korban dan MF itu diunggah oleh akun @UNYmfs pada Kamis (09/11/2023). Dalam keterangannya, korban mengaku telah dilecehkan sejak bulan Okotober lalu.

“Aku ga nyangka kuliah di /uny malah direndahin kaya gini… Jadi aku maba dan kenalan sama kating ini dari bulan Februari, waktu itu kenal karena acara fakultas. Kukira dia baik, ternyata dia cab*l, aku udah dilecehin sama dia dari Oktober, sampe sekarang,” tulis pengirim dalam akun tersebut dikutip, Jumat (10/11/2023).

“Awalnya gaberani speak karena diancam, aku pernah dilukai berkali kali sama dia karena ngelawan. Cuma sekarang aku muak dan luapin semuanya. Pengen bunuh diri rasanya karena hidupku kayak gini, dilecehin di kampus baru… Plis help me… aku gaberani spill nama pelaku, tapi Aku hafal nim nya,” sambungnya.



Sontak, unggahan itu pun langsung mendapat tanggapan netizen di kolom komentar. Tak sedikit yang menyayangkan tindakan tersebut dan meminta pihak kampus segera mengusut serta memberikan perlindungan terhadap korban.

“Wah serem sih ini sampe udaada niat bundir gitu, yang Jogja kasi pendampingan dong biar ngga diintimidasi,” tulis akun @iam.

“Bener, pihak fakultas harus bisa kasih pendampingan ke sendernya dan kalo bisa jauhin dulu sendernya dari jangkauan si pelaku supaya ga terjadi hal hal yang ga diinginkan,” timpal akun @namaku dino.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNY Prof. Jaslin Iksan mengaku tengah melakukan penyelidikan guna mengusut permasalahan ini. Saat ini, pihaknya bersama Satgas di tingkat fakultas sedang berupaya mengumpulkan bukti-bukti.

“Terus terang saya merasa terganggu, ada sesuatu yang membuat saya kurang nyaman. Oleh karena itu kami secara kelembagaan yang dikoordinasikan oleh Satgas dan biro yang membawahi akan mengusut tuntas masalah ini,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)