Gemblengan Makan Telur di Malang Bikin Pejuang Pertempuran 10 November Kebal Peluru

Jum'at, 10 November 2023 - 09:20 WIB
loading...
Gemblengan Makan Telur di Malang Bikin Pejuang Pertempuran 10 November Kebal Peluru
Potret lawas sisa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Foto/Istimewa
A A A
MALANG - Singosari, Kabupaten Malang menjadi satu tempat yang digunakan untuk melatih pasukan untuk mempertahankan kemerdekaan. Berlokasi di Pondok Pesantren (Ponpes) Bungkuk, Singosari, Malang, para santri dan banyak orang digembleng untuk berperang.

KH. Moensif Nachrawi Generasi keempat pendiri Masjid Bungkuk mengisahkan bagaimana Ponpes Bungkuk dijadikan arena penggemblengan pasukan dan laskar yang akan diberangkatkan ke Surabaya.

Mereka berlatih dibawah komando KH. Masjkur yang merupakan bagian dari Laskar Hizbullah.



”Singosari ini tempat mengemblengnya, mengebalkan di sini, nggak ada markas tentara, tentara nggak ada, baru berdiri Oktober, nggak ada waktu itu yang ada gerilyawan,” ucap KH. Moensif Nachrawi ditemui di rumahnya di Jalan Bungkuk, Singosari, Kabupaten Malang.

Ia masih mengingat betul saat itu banyak gerilyawan, santri, dan para pejuang yang berkumpul di Singosari. Mereka selain dibekali kemampuan berperang, juga dikuatkan untuk kemampuan akhlak dan akidah agar siap mati berperang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dia masih ingat ketika masih SD samurai, pedang, dan senjata tajam lainnya menjadi hal yang sering dilihat, bahkan dipegangnya. Bahkan beberapa pejuang juga diajarkan ilmu kekebalan dari para kiai dengan cara makan telur ayam.

”Saat di sana (di Ponpes Bungkuk) itu gerilya itu dikirim, rata-rata cuma dibekali, istilahnya tahan peluru, minum telur ayam dikasih doa ditelan. Telur mentah, kayak STMJ, dimakan, didoakan sudah dibawa (telurnya), terus ada doanya, diikuti bersama-sama. Selesai pecah makan ujarnya.



Saat itu ada banyak tokoh-tokoh agama yang bisa 'nyuwuk' atau membekali para pejuang dengan kesaktian. Bahkan disebut Moensif, tidak hanya di Bungkuk, saja ada beberapa lokasi di Malang yang menjadi tempat penggemblengan pejuang pertempuran 10 November 1945.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)