Menko PMK Minta Para Santri di Musi Banyuasin Wajib Memiliki Empat Unsur Ini

Kamis, 09 November 2023 - 21:48 WIB
loading...
Menko PMK Minta Para Santri di Musi Banyuasin Wajib Memiliki Empat Unsur Ini
Menko PMK Muhadjir Effendy menghadiri Pidato Kebangsaan dan Doa Bersama untuk Negeri di Stable Berkuda Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto/Ist
A A A
MUSI BANYUASIN - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan seorang santri wajib memiliki empat unsur, yakni sehat, cerdas, kuat, dan berakhlakul kharimah.

"Saya yakin para santri di sini memiliki budi pekerti yang baik dan berakhlakul karimah, tetapi itu saja tidak cukup untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan pada tahun 2045. Para santri juga harus sehat, cerdas, dan kuat," ucap Muhadjir saat memberikan sambutan pada acara Pidato Kebangsaan dan Do'a Bersama untuk Negeri di Stable Berkuda Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (8/11/2023).



Muhadjir menyebut, sehat di sini adalah pondok-pondok pesantren harus mengutamakan kesehatan para santrinya mulai dari cara hidup hingga kondisi lingkungan dimana nantinya dapat tumbuh menjadi generasi yang unggul dan berdaya saing.

"Yang kedua cerdas, kita tidak mungkin akan menghasilkan SDM unggul tanpa kecerdasan yang tinggi, pesantren diharapkan dapat membentuk para santrinya menjadi anak-anak yang cerdas," tuturnya.

Dia juga mengatakan bahwa selain memiliki kecerdasan yang tinggi dan berakhlakul kharimah, anak-anak pesantren harus kuat dengan kegiatan olahraga serta pemenuhan gizi yang baik sehingga memiliki fisik yang kuat.

Muhadjir meminta kepada seluruh ustaz dan ustazah untuk menyeimbangkan pengetahuan serta pengalaman para peserta didik di pondok pesantren antara ilmu duniawi dan akhirat.



"Kita harus seimbang antara jiwa kebangsaan dengan jiwa keislaman, Insya Allah jika keduanya dimiliki secara imbang maka nantinya dapat menjadi dokter yang shalih dan shalihah, insinyur yang shalih dan shalihah," jelas Muhadjir.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)