Muhadjir Effendy Minta Pemda Majukan Pondok Pesantren dan Santri

Senin, 30 Oktober 2023 - 14:15 WIB
loading...
Muhadjir Effendy Minta Pemda Majukan Pondok Pesantren dan Santri
Menko PMK Muhadjir Effendy menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Simpang B2, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto/Ist
A A A
MUSI BANYUASIN - Pemerintah bertekad memajukan pondok pesantren beserta para santri yang ada di seluruh Indonesia. Upaya ini dilakukan bersama dengan pemerintah daerah (pemda).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan hal tersebut dalam Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Lapangan Simpang B2, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada Minggu (22/10/2023).


Dia meminta kepada pemda agar memberikan perhatiannya dalam membangun dan mengelola sumber daya manusia di pondok pesantren.

"Para ustaz dan ustazah juga mohon diperhatikan insentif-nya, juga jaminan ketenagakerjaannya supaya bisa bekerja dengan maksimal dalam melayani para santri dan santriwati," kata Muhadjir.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, Indonesia memiliki tradisi pesantren yang kaya dan panjang. Pesantren telah menjadi lembaga pendidikan dan pembentukan karakter yang tidak ternilai harganya.

Pada pondok pesantren, santri bukan hanya belajar agama, tetapi juga nilai-nilai kejujuran, disiplin, solidaritas, dan rasa tanggung jawab. Semua nilai-nilai itu merupakan fondasi yang kuat dalam membangun masyarakat yang maju dan sejahtera.



"Pesan saya kepada para santri, rajin-rajinlah belajar dan jangan kenal lelah, karena santri memiliki keunggulan dari sisi pengetahuan, agama, dan akhlak. Ketiga hal itu, yang membawa Indonesia menjadi maju di masa yang akan datang," ujarnya.

Peringatan Hari Santri di Musi Banyuasin dihadiri Pj Gubenur Sumsel Agus Fatoni, Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi, Dekan Fakultas Keamanan Nasional Universitas Pertahanan (Unhan) Mayjen TNI Pujo Widodo, dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Forum Pesantren Sumatera Selatan, KH Nur Muhammad Hidayat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)