KH Ahmad Hanafiah, Ulama NU dan Pejuang Kemerdekaan asal Lampung Disetujui Jadi Pahlawan Nasional

Rabu, 08 November 2023 - 18:33 WIB
loading...
KH Ahmad Hanafiah, Ulama NU dan Pejuang Kemerdekaan asal Lampung Disetujui Jadi Pahlawan Nasional
KH Ahmad Hanafiah, ulama Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus pejuang kemerdekaan asal Lampung ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Foto/Ist
A A A
BANDARLAMPUNG - Pemerintah menyetujui KH Ahmad Hanafiah, ulama Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus pejuang kemerdekaan asal Lampung ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Lampung sebelumnya hanya memiliki satu Pahlawan Nasional yakni Raden Inten II yang ditetapkan sejak 1987 lalu.



Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, usulan untuk menganugerahkan KH Ahmad Hanafiah sebagai Pahlawan Nasional telah disetujui oleh pemerintah pusat.

"Kami memang sudah menerima kabar dari Kementerian Sosial bahwa usulan pahlawan nasional dari Lampung atas nama KH Ahmad Hanafiah telah disetujui," ujar Fahrizal Darminto, Rabu (8/11/2023).

Fahrizal menjelaskan, Lampung sebelumnya hanya memiliki satu Pahlawan Nasional, yaitu Raden Inten II. Oleh karena itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajukan usulan menambah daftar Pahlawan Nasional Lampung yakni KH Ahmad Hanafiah.

"Selama ini kita hanya memiliki satu Pahlawan Nasional yang diakui secara nasional. Alhamdulillah, dengan adanya penambahan ini, kita memiliki satu lagi," ungkapnya.



Menurut Fahrizal, penyerahan gelar Pahlawan Nasional kepada ahli waris KH Ahmad Hanafiah akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 10 November mendatang bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional.

"Namun, hingga saat ini kami masih menunggu keputusan resmi Presiden terkait hal ini," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)