Pendiri NU Majalengka KH Abdul Chalim Ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional

Rabu, 08 November 2023 - 16:51 WIB
loading...
Pendiri NU Majalengka KH Abdul Chalim Ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional
Tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) asal Majalengka KH Abdul Chalim akan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional tahun 2023. Foto/Istimewa/PP GNU
A A A
MAJALENGKA - KH Abdul Chalim, seorang tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) asal Majalengka akan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional tahun 2023, pada Jumat (10/11/2023).

Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Jawa Barat, Reiza D Dienaputra mengatakan, Abdul Chalim mendapat restu dari pemerintah menjadi pahlawan nasional bersama lima nama lainnya.

”Nah pahlawan nasional ditetapkan pada tahun 2023 ini satu di antaranya kan Abdul Chalim. Jadi Alhamdulillah ditetapkan masuk jadi satu di antara enam pahlawan nasional yang akan ditetapkan pada tanggal 10 November (nanti),”kata Reiza, Rabu (8/11/2023).



Menurut Reiza, Abdul Chalim merupakan ulama dari Tatar Sunda yang ikut mendirikan NU. Meski begitu, kata dia, tidak banyak orang yang tahu nama dan sejarah Abdul Chalim.

”Jadi beliau itu adalah tokoh pendiri NU dan satu-satunya ulama yang berhasil di Tatar Sunda yang mendirikan Nahdlatul Ulama dan tidak banyak orang yang tahu itu. Jadi akhirnya ditetapkan dia bersama dengan lima pahlawan nasional dari provinsi lainnya,” ujarnya.

Lima nama lainnya yang juga akan ditetapkan sebagai pahlawan nasional tahun 2023 masing-masing Ida Dewa Agung Jambe (Bali), Bataha Santiago (Sulawesi Utara), M Tabrani (Jawa Timur), Ratu Kalinyamat (Jawa Timur) dan Ahmad Hanafiah (Lampung).



Penetapan KH Abdul Chalim sebagai pahlawan nasional ditandai terbitnya surat Kementrian Sekretariat Negara RI, Cq Sekretariat Militer Presiden nomor surat R-09/KSN/SM/GT/.02.00/11/2023 terkait penyampaian Informasi Calon Penerima Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2023.

Dalam isi surat itu, Presiden Joko Widodo telah menyetujui dan menetapkan beberapa tokoh calon pahlawan nasional untuk dianugerahkan gelar pahlawan nasional pada 10 November 2023 di Istana Negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)