Ganjar Pranowo dan BPBD Bergerak Cepat Atasi Kekeringan dan Bencana di Jawa Tengah

Kamis, 02 November 2023 - 11:30 WIB
loading...
Ganjar Pranowo dan BPBD Bergerak Cepat Atasi Kekeringan dan Bencana di Jawa Tengah
Ganjar Pranowo saat menjabat jadi Gubernur Jawa Tengah bekerja sama dengan BPBD untuk menghadapi kemarau panjang di 2023 yang berdampak kekeringan. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Ganjar Pranowo saat menjabat jadi Gubernur Jawa Tengah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menghadapi kemarau panjang di 2023 yang berdampak kekeringan.

Kerja sama dengan BPBD bertujuan untuk mengetahui daerah mana saja yang membutuhkan air dan juga bencana lainnya seperti kebakaran.


"Seluruh Jawa Tengah, makanya tiap hari kita mengirim bantuan air," kata Ganjar ketika ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (24/8/2023) lalu.

Untuk mengetahui kontribusi yang dilakukan BPBD, mari simak penjelasan lembaga ini.



BPBD adalah salah satu lembaga pemerintahan yang memiliki peran penting dalam mengelola dan merespons bencana di tingkat daerah.

Di Indonesia, salah satu tokoh yang memberikan pengakuan dan apresiasi yang tinggi terhadap peran BPBD adalah Ganjar Pranowo. Dia merupakan tokoh yang dikenal atas dedikasinya terhadap penanggulangan bencana dan pembangunan berkelanjutan.

Profil Singkat BPBD dan 3 Tugas Utama


Berdasarkan dokumen yang disediakan di laman resmi BPBD Jateng, pelaksanaan penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah (baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota), masyarakat, dan lembaga usaha.



Undang-undang No. 24 tahun 2007 mengenai penanggulangan bencana menegaskan perlunya pembentukan lembaga yang menangani bencana di tingkat pusat maupun di daerah (provinsi dan kabupaten/kota), dimana BPBD menjalani tiga tugas utama yakni:
1. Pelaksana
2. Komando
3. Koordinasi

Di tingkat pusat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bertindak sebagai lembaga penanggulangan bencana, sementara di tingkat daerah, yaitu provinsi dan kabupaten/kota, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memiliki peran yang serupa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)