Cara Penularan Cacar Monyet: Hubungan Seksual dan Sentuhan Kulit

Rabu, 01 November 2023 - 10:11 WIB
loading...
Cara Penularan Cacar Monyet: Hubungan Seksual dan Sentuhan Kulit
Cacar monyet menular melalui hubungan seksual dan sentuhan kulit dengan pengidap. Masyarakat diminta melaporkan jika terjadi kontak langsung dengan pengidap. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Cacar monyet tak hanya menular melalui hubungan seksual, tetapi juga sentuhan kulit antara pengidap dengan warga lainnya. Masyarakat diminta melaporkan jika terjadi kontak dengan pengidap.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bandung Ira Dewi Jani menjelaskan, cacar monyet atau monkeypox tidak hanya bisa menular dengan berhubungan seksual.


Selama seseorang melakukan sentuhan kulit dengan pasien cacar monyet seperti bersalaman, potensi penularannya juga bisa terjadi.



Bahkan jika orang tersebut pernah terkena cacar air, bukan berarti kebal terhadap cacar monyet.

"Kalau masalah jenis virus, ini ortopox. Kalau misal ada yang sudah pernah kerna cacar air, dia masih bisa tertular cacar monyet," ucapnya.

Oleh karena itu, demi bisa memutuskan mata rantai penularan, Ira mengimbau agar masyarakat tetap menjaga jarak, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), serta rajin cuci tangan.



"Kalau harus mengurus orang-orang dengan monkeypox, bisa pakai handscoon, tidak bersentuhan kulit dengan kulit secara langsung. Setelah itu langsung cuci tangan," tuturnya.

"Tingkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Barang-barang tidak dipakai bersama, tidak tidur dan makan bersama," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)