75 Tahun Indonesia Merdeka, Desa Ini Belum Dialiri Listrik

Rabu, 05 Agustus 2020 - 17:20 WIB
loading...
75 Tahun Indonesia Merdeka, Desa Ini Belum Dialiri Listrik
Indonesia telah merdeka 75 tahun, namun masih ada desa di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, yang belum teraliri listrik. Foto/Ilustrasi
A A A
KUBU RAYA - Kemerdekaan Republik Indonesia sudah memasuki usia ke 75 tahun, namun masih ada desa yang sampai hari ini belum teraliri listrik . Adapun dua desa yang belum teraliri jaringan listrik itu adalah Desa Sungai Nibung, dan Desa Kuala Karang, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

(Baca juga: Peras Anggota Dewan, 3 Polisi Gadungan Dibekuk Polda Sumut )

Kondisi miris ini diungkap Ichwani, anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, dari daerah pemilihan (Dapil) Rasau Jaya Teluk Pakedai. Politisi Partai Gerindra, yang kini duduk sebagai anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kubu Raya tersebut, sudah menyampaikan apa yang menjadi keluhan warga di dua desa tersebut kepada pimpinan PLN Cabang Kalimantan Barat.

Masih adanya dua desa di Kabupaten Kubu Raya, yang belum teraliri jaringan listrik membuatnya prihatin. Ichwani menyebutkan, ada dua daerah yang menjadi perhatian dan menjadi perjuangannya agar listrik bisa masuk ke dua desa tersebut.

"Jumlah penduduk di Desa Sungai Nibung, sekitar 1.650 kepala keluarga (KK), dan Desa Kuala Karang, sekitar 1.300 KK, dan sampai saat ini belum teraliri listrik. Padahal listrik adalah salah satu kebutuhan penting di daerah tersebut," terang Ichwani.

Ichwani juga menjelaskan, keluhan warga tersebut juga telah disampaikanya langsung pada saat rapat komisi III DPRD Kubu Raya bersama Pimpinan PLN Cabang Kalimantan Barat, dan akan segera ditindak lanjuti dengan pendataan oleh PLN.

(Baca juga: Viral, Rebutan Lahan Mengemis Anjal dan Gepeng Tawuran )

"Saya berharap hal ini menjadi perhatian pihak PLN, jika listrik sudah bisa dinikmati warga di dua desa ini saya yakin hal itu akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga di sana," ungkapnya.

Dia juga mengatakan, dirinya selaku wakil rakyat yang dipilih oleh masyarakat Kubu Raya, khususnya di kecamatan Rasau Jaya, dan Teluk Pakedai, akan terus memperjuangkan kebutuhan masyarakat.

Dengan momentum Hari Kemardekaaan ke-75 RI, Ichwani berharap impian masyarakat di dua desa tersebut bisa terwujud, yakni segera teraliri listrik , karena selama ini mereka hanya memakai genset tapi itu hanya sebagian kecil saja yang memilikinya, selain itu biaya operasionalnya juga sangat besar.

(Baca juga: Polda Sumsel Musnahkan 878 Senpi dan 331 Sajam Ilegal )

"Jika listrik sudah hadir, maka terciptalah pemerataan pembangunan dan membuat roda ekonomi di sana bisa meningkat, karena di dua desa yang akan di lalui jaringan listrik tersebut mempunyai sumber pertanian dan perikanan yang cukup besar khususnya di Desa Sungai Nibung, dan Desa Teluk Karang, yang melewati bibir pantai tengkuyung yang sudah pernah mendapat kucuran dana APBN Destinasi Wisata di Selatan Kubu Raya," imbuh Ichwani.

Apabila aliran listrik sudah masuk ke desa tersebut, dia meyakini bisa memberikan nilai tambah pada peningkatan produktivitas ekonomi di desa, khususnya pada pengembangan industri rumah tangga, serta mendorong anak-anak di Desa Sungai Nibung, dan Desa Teluk Karang, bisa belajar dengan baik.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)