Perantau Pulang ke Pangandaran Bakal Dikarantina 2 Minggu

Kamis, 30 April 2020 - 10:01 WIB
loading...
Perantau Pulang ke Pangandaran Bakal Dikarantina 2 Minggu
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran mengeluarkan kebijakan berupa karantina selama 2 minggu bagi perantau yang pulang ke Pangandaran. Langkah ini untuk memutus mata rantai persebaran viru Corona atau COVID-19

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, untuk memaksimalkan kebijakan tersebut, Pemkab Pangandaran akan memperketat kendaraan yang masuk dari luar Pangandaran di setiap perbatasan.

"Kalau mereka warga Pangandaran tetapi merantau ke luar daerah dan pulang ke Pangandaran, maka tidak diperbolehkan langsung datang ke rumah yang dituju," kata Jeje, Kamis (30/4/2020). (Baca juga; Gubernur Puji Bupati Jeje Dalam Penanganan ODP COVID-19 di Pangandaran )

Jeje menambahkan, orang tersebut akan dikarantina selama 2 minggu di tempat yang sudah disediakan oleh Pemerintah Desa setempat. "Tempat untuk karantina, Pemerintah Desa bisa memanfaatkan bangunan gedung aula atau gedung sekolah," tambah Jeje.

Jadi, kata Jeje, perantau yang pulang ke Pangandaran disediakan tempat tidur dan kebutuhan makan selama di tempat karantina. "Kebijakan tersebut kami rasa sangat efektif dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19," terangnya.

Karena itu, kalau perantau datang langsung ke rumah yang dituju belum tentu sadar untuk melakukan isolasi mandiri. Apabila perantau yang pulang ke Pangandaran melakukan karantina di rumah yang dituju, khawatir akan ada risiko lain di antaranya orang yang ada di rumah tersebut berinteraksi dengan masyarakat yang lain.

"Percuma kalau karantina dilakukan di rumah yang dituju, meski pun perantau itu melakukan isolasi mandiri," jelas Jeje. (Baca juga; Bupati Pangandaran Sepakat PSBB Jawa Barat Berlaku Serentak Pekan Depan )

Selama perantau di karantina, pihak keluarga akan diberi uang konpensasi sehari senilai Rp20.000, uang tersebut untuk kebutuhan makanan ODP. "Teknisnya keluarga ODP memberikan makan dan tidak melakukan kontak fisik langsung saat memberikan makanan guna mengantisifasi hal yang tidak diinginkan," tegasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)