Polisi dan Tim Gabungan Siaga Tanggulangi Banjir di Tanggamus

Rabu, 05 Agustus 2020 - 05:54 WIB
loading...
Polisi dan Tim Gabungan Siaga Tanggulangi Banjir di Tanggamus
Polisi dan Tim Gabungan Siaga Tanggulangi Banjir di Tanggamus. Foto/SINDOnews/Indra Sir
A A A
TANGGAMUS - Pantauan di lokasi personel Satlantas dipimpin Kasat Lantas Iptu Rudi melakukan pengaturan dan imbauan kepada pengguna jalan khususnya mobil kecil dari arah pesisir barat maupun Kota Agung untuk melintasi jalan alternatif.

"Kami terjunkan personel gabungan untuk melakukan pengaturan dan imbauan serta membantu masyarakat membersihkan material longsor," kata Rudi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya.

Dia juga mengimbau pengendara mobil kecil agar melewati jalan alternatif dari Pekon Banjarsari Kecamatan Wonosobo, menembus di Pekon Sedayu maupun arah sebaliknya.

"Sedangkan untuk kendaraan besar diimbau untuk menunggu di kantong kantong parkir sampai jalan terbuka atau melewati jalan lintas sumatera lainnya," tuturnya.

Adapun di Jalinbar, Simpang Pekon Sedayu Kecamatan terdapat 1 titik dengan material krokos dan tanah, yang meluap dari tanggul serta resapan air menggenangi dan menutup hingga ke badan jalan namun masih dapat dilalui kendaraan.

Selanjutnya, Jalinbar Pekon Waykerap terdapat 5 titik terdiri dari material krokos dan tanah setinggi rata-rata 1 meter yang terbawa air akibat luapan air dari sungai Way Seluang dan Way Dakok hingga menutupi badan jalan hingga membuat terganggunya arus lalu lintas di penggal jalan tersebut.

"Akibat bertumpuknya material di 6 Jalinbar Kecamatan Semaka tertutup material batu hingga menutup badan jalan dan mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas. Namun BPBD telah menerjunkan alat berat guna membersihkan material tersebut," jelasnya.

Rudi melanjutkan, adapun sejumlah pekon yang terdampak banjir meliputi Pekon Bangunrejo, di mana jalan menuju arah jembatan Pekon Kanoman tergenang air dengan ketinggian air di atas lutut kaki orang dewasa. (Baca juga: Diterjang Banjir, Rumah Nenek di Wajo Roboh Saat Ditinggal Salat)

Lalu, Pekon Kanoman, yakni beberapa titik jalan pekon dan rumah warga tergenang air, kemudian Pekon Sudimoro, Pekon Sudimoro Bangun, Pekon Sripurnomo, Pekon Sukajaya dan Pekon Kacapura. (Baca juga: Banjir Besar Memutus Jalur Lalulintas di Tanggamus)

Ditambahkannya, Selasa (7/8/2020) sekitar pukul 23.00 WIB, hujan di wilayah Kecamatan Semaka mulai reda dan tim BPBD Kabupaten Tanggamus sudah berada di Kecamatan Semaka. "Untuk kerugian, masih dalam pendataan bersama pihak terkait," tandasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)