Asyik, Pemkot Bandung Bakal Subsidi Siswa Tak Mampu Rp2 Juta per Tahun

Rabu, 05 Agustus 2020 - 09:53 WIB
loading...
Asyik, Pemkot Bandung Bakal Subsidi Siswa Tak Mampu Rp2 Juta per Tahun
Wali Kota Bandung Oded M Danial. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BANDUNG - Pemkot Bandung berencana memberikan subsidi biaya pendidikan untuk siswa rawan melanjutkan pendidikan (RMP) tingkat SMA/SMK di sekolah negeri dan swasta.

Wali Kota Bandung Oded M Danial memastikan, siswa RMP tingkat SMA akan memperoleh bantuan dari Pemerintah Kota Bandung dalam waktu dekat. (BACA JUGA: Puluhan Orang Terjaring Razia Masker Mulai Satpam hingga ASN )

Kepastian itu setelah Pemkot melakukan pertemuan dengan Anggota Komisi 5 DPRD Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan Jabar, beserta Ketua DPRD Kota Bandung, beberapa waktu lalu. (BACA JUGA: 1.510 Warga Miskin Bandung Dapat Bantuan Rp150.000 Selama 10 Bulan )

"Bantuan untuk siswa RMP SMA sudah bisa dilaksanakan. Kita sudah bertemu dengan Kadisdik Jabar dan sudah tidak ada masalah," kata Oded dalam keterangan resminya, Rabu (5/8/2020). (BACA JUGA: Curhat Pengusaha Wisata Saat Ekonomi Masyarakat Belum Pulih )

Untuk program tersebut, Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp33,7 miliar. Dana itu untuk mensubsidi siswa RMP SMA/SMK negeri dan swasta.

Rencananya, Pemkot Bandung akan memberikan bantuan sebesar Rp2 juta per tahun. Data saat ini, siswa RMP yang akan menerima bantuan 4.588 siswa SMA dan 1.2287 siswa SMK.

Kendati begitu, terkait teknis subsidi, Oded mengemukakan perlu dibicarakan lebih lanjut dengan Disdik Jabar. Karena kewenangan pengelolaan SMA dan SMK berada di Pemerintah Provinsi Jabar.

"Nanti pola anggarannya dititipkan di provinsi karena SMA dan SMK itu kewenangan di provinsi. Tetapi karena itu kan warga Mang Oded, nanti kami yang menyuplai bantuannya," ujar Oded.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)