Gempa OKU Dirasakan hingga Muaraenim, OKUT dan OKUS

Minggu, 20 Agustus 2017 - 16:31 WIB
Gempa OKU Dirasakan hingga Muaraenim, OKUT dan OKUS
Gempa OKU Dirasakan hingga Muaraenim, OKUT dan OKUS
A A A
BATURAJA - Gempa bumi dengan kekuatan 5 Skala Richter (SR) yang mengguncang Barat Daya Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggetarkan dan terasa hingga sedikitnya tiga kabupaten tetangga yakni, OKU Selatan, Martapura OKU Timur, hingga sebagian Muaraenim.

Di OKU dan OKU Selatan getaran gempa terasa cukup keras dan membuat panik warga sehingga berhamburan keluar rumah. Sementara di OKU Timur terasa sebagian di Martapura, dan di Muaraenim sebagian terasa di kawasan Gunung Megang.

"Keras getarannya, pintu kamar bergetar. Perabotan bersuara di rak piring. Apalagi lampu yang tergantung, bergoyang," ungkap Zainuna (47) warga Baturaja, Minggu (20/8/2017).

Sesaat gempa terjadi, kepanikan terjadi di OKU, terutama di Baturaja. Warga berhamburan keluar sambil meneriakkan gempa dan memanggil anggota keluarga masing-masing. "Gempa - gempa ayo bawa anak keluar," kata Zainuna mengungkapkan kepanikan saat gempa mengguncang.

Di OKU Timur, gempa dirasakan warga di Martapura, namun tidak begitu keras. "Gempa cukup terasa disini. Kabarnya di Baturaja terjadi guncangan hebat," kata M Harun, warga Martapura, Minggu (20/8/2017).

Berdasarkan data yang didapat dari situs BMKG, gempa bumi yang terjadi Minggu (20/08/2017) Pukul 08.06.19 WIB di kedalaman 10 Kilometer dan lokasi 4.25 Lintang Selatan dan 103.80 Bujur Timur yang berpusat di kawasan Gunung Megang.

Diperkirakan terletak di Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU berbatasan dengan Kecamatan Kisam Tinggi dan Muaradua Kisam, Kabupaten OKU Selatan. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3377 seconds (0.1#10.140)