KA Argo Semeru dan Argo Wilis Kecelakaan, 7 Kereta dari Surabaya dan Malang Dialihkan ke Jalur Utara

Selasa, 17 Oktober 2023 - 18:12 WIB
loading...
KA Argo Semeru dan Argo Wilis Kecelakaan, 7 Kereta dari Surabaya dan Malang Dialihkan ke Jalur Utara
Kecelakaan KA Argo Semeru dan Argo Wilis di Kulonprogo, DIY mengakibatkan tujuh keberangkatan kereta api dari Surabaya dan Malang dialihkan lewat jalur utara. Foto/Ist
A A A
MALANG - Kecelakaan KA Argo Semeru dan Argo Wilis di Kulonprogo, DIY berdampak pada tujuh keberangkatan rangkaian kereta api dari Surabaya dan Malang lewat jalur selatan. Tujuh rangkaian kereta ini terpaksa dialihkan melalui jalur utara.

Perubahan jalur pemberangkatan ini dilakukan demi kelancaran perjalanan kereta api dari timur menuju arah barat.


Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arief menuturkan, tujuh rangkaian kereta api yang berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Malang dialihkan perjalannya. Jika biasanya kereta tersebut melintasi jalur antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates di jalur selatan, maka kini untuk sementara dialihkan menuju jalur utara.

"Mengalami perubahan pola operasi dalam perjalanannya nanti. KA tujuan Jakarta atau Bandung diarahkan melalui Solo ke arah Gundih-Semarang lanjut lewat lintas utara hingga tujuan akhir KA tersebut," ucap Luqman Arief, dikonfirmasi pada Selasa (17/10/2023).



Adapun tujuh rangkaian kereta api yakni KA Wijayakusuma relasi Surabaya Gubeng-Cilacap, KA Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng-Bandung, KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Gambir, dan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung, dengan keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng.

"Sedangkan ada tiga kereta api dari Malang yang juga dialihkan perjalanannya yakni KA Gajayana relasi Malang-Gambir, KA Brawijaya relasi Malang-Gambir, dan KA Malabar relasi Malang-Bandung," tuturnya.



Luqman Arief menyatakan, saat ini tim evakuasi sudah berada di lapangan untuk mengevakuasi dan mengamankan penumpang.

Tim evakuasi di lapangan juga sudah berkoordinasi untuk mendatangkan rangkaian alat berat dan lokomotif penolong, untuk mengevakuasi sarana yang terdampak. Hal ini mempercepat proses evakuasi KA yang anjlok dan normalisasi jalur, KAI mengerahkan crane dari Bandung, Cirebon, dan Solo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3458 seconds (0.1#10.140)