Sejarah dan Asal-usul Majalengka, Kabupaten yang Terkenal dengan Sebutan Kota Angin

Senin, 16 Oktober 2023 - 14:56 WIB
loading...
A A A
Kemudian pada 1677, Kerajaan Talaga ditaklukkan oleh VOC yang dipimpin oleh Rijcklof van Goens. Sejak saat itu, Majalengka menjadi bagian dari Hindia Belanda dan mengalami berbagai perubahan administrasi.



Pada awal abad ke-20, Majalengka mulai terlibat dalam pergerakan nasional untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. Beberapa tokoh pergerakan nasional yang berasal dari Majalengka antara lain adalah KH Zaenal Mustofa, KH Abdul Halim, KH Ahmad Sanusi, dan KH Abdul Fatah Hasan.

Mereka berperan aktif dalam organisasi-organisasi seperti Sarekat Islam, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan Partai Syarikat Islam Indonesia.

Pada tahun 1942, Jepang menggantikan Belanda sebagai penjajah baru di Indonesia. Majalengka pun mengalami dampak dari kebijakan-kebijakan Jepang yang represif dan eksploitatif.

Namun sejak memasuki masa kemerdekaan, Majalengka menjadi salah satu wilayah yang cukup maju di Jawa Barat. Kabupaten majalengka memiliki luas wilayah sekitar 1.204 km persegi dan berpenduduk sekitar 1,2 juta, serta wilayahnya terdiri dari 26 kecamatan dan 281 desa.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2809 seconds (0.1#10.140)