Sejarah dan Asal-usul Cirebon, Wilayah yang Didirikan oleh Keturunan Prabu Siliwangi

Sabtu, 09 September 2023 - 11:05 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Cirebon, Wilayah yang Didirikan oleh Keturunan Prabu Siliwangi
Cirebon memiliki peninggalan Kerajaan Cirebon berupa keraton hingga kereta kencana. Foto/Wikimedia Commons
A A A
JAKARTA - Cirebon memiliki sejarah yang menarik untuk diulas. Salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat ini memiliki peninggalan Kerajaan Cirebon berupa keraton hingga kereta kencana.

Cirebon juga memiliki julukan Kota Udang. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, tepatnya dengan Kabupaten Brebes.

Selain punya sejarah yang menarik diketahui, asal usul nama Cirebon juga punya sangkut paut dengan sejarah yang dimiliki.

Asal-usul Cirebon


Berdasarkan pada naskah Babad Tanah Sunda dan Atja pada naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, asal-usul nama Cirebon berasal dari kata sarumban.

Disebutkan bahwa dulunya wilayah Cirebon merupakan dusun kecil yang didirikan Ki Gedeng Tapa. Seiring berjalannya waktu, tempat itu terus berkembang menjadi wilayah luas.



Desa tersebut akhirnya diberi nama Caruban, berasal dari kata carub yang dalam bahasa Cirebon berarti bersatu.

Nama itu diberikan sebab banyaknya para pendatang dari berbagai macam suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, latar belakang dan mata pencaharian yang berbeda, tinggal di wilayah tersebut.

Lama kelamaan pelafalan Caruban ini kemudian berganti menjadi Cerbon. Hal itu tak lepas dari mata pencaharian masyarakatnya. Pada waktu itu masyarakat di sana kebanyakan berprofesi sebagai nelayan yang kerap menangkap udang kecil untuk dijadikan terasi.

Dari situlah akhirnya tercipta nama “Cirebon” yang berasal dari Cai (air) dan Rebon (udang rebon). Hingga saat ini nama tersebut masih digunakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)