Relawan Kemiskinan Jatim Dukung Khofifah-Fandi Utomo

Jum'at, 28 Juli 2017 - 18:22 WIB
Relawan Kemiskinan Jatim Dukung Khofifah-Fandi Utomo
Relawan Kemiskinan Jatim Dukung Khofifah-Fandi Utomo
A A A
SURABAYA - Duet Khofifah Indar Parawansa dan politikus Partai Demokrat Fandi Utomo pada Pilgub Jawa Timur 2018 ternyata banyak diinginkan masyarakat setempat. Kali ini, dukungan datang dari eks Relawan Kemiskinan Jawa Timur. Bahkan, para pekerja sosial ini siap all out memenangkan pasangan ini.

Koordinator eks Relawan Kemiskinan Jatim Pudjihandi mengatakan, Khofifah dan Fandi Utomo adalah pasangan ideal. Selain karena telah berpengalaman, dua tokoh tersebut juga merepresentasikan kelompok religius-nasionalis, yang didambakan masyarakat Jatim selama ini.

"Kalau dua tokoh ini (Khofifah-Fandi Utomo) benar-benar jadi pasangan pada Pilgub Jatim 2018 nanti, pasti akan menarik. Kami akan all out untuk memenangkannya. Sebab, kami kira ini adalah figur yang tepat di Pilgub Jatim," kata Pudjihandi, Jumat (28/7/2017).

Menurut Pudjihandi, sosok Fandi Utomo memang tidak asing lagi di kalangan para relawan peduli kemiskinan di Jawa Timur. Saat ini, jaringan relawan itu tersebar di seluruh Jawa Timur. Mereka tentunya bergerak di luar jalur partai. Selain itu, para relawan ini memiliki kedekatan emosional dengan Fandi Utomo sejak perhelatan Pilpres 2004.

"Kami dengan Fandi Utomo hubungannya adalah pertemanan dan sampai saat ini masih solid. Kami bergerak tidak dalam lingkungan politik. Kalau politik, itu urusannya Mas Fandi yang saat ini duduk di parlemen," jelasnya kepada wartawan.

Pudji menjelaskan, kedekatan para eks relawan kemiskinan dengan Fandi dilatarbelakangi perjuangan dalam organisasi kala masih mahasiswa, yakni sama-sama di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). "Mas Fandi dulu kan aktivis GMNI di ITS," katanya.

Dia juga menyebut, jaringan yang dibangun oleh Fandi Utomo merupakan jaringan bawah tanah dan hingga saat ini masih solid. Kekuatan inilah yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu.

Terkait kedekatan dengan Khofifah, di Pilgub 2013 relawan ini sempat terpecah. Ada beberapa relawan yang bergabung dalam gerbong pemenangan Khofifah-Herman (Berkah) dan ada juga yang gabung dalam Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).

Meski demikian, sebagai hubungan pertemanan, relawan ini masih solid. Karenanya, ketika muncul wacana duet Khofifah-Fandi Utomo, kata Pudjihandi, merupakan komposisi yang tepat. Artinya, duet ini mencerminkan sosok nasionalis-religius yang sangat dibutuhkan di Jawa Timur.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5400 seconds (0.1#10.140)