Wali Kota Susanti Pastikan Stok Beras Aman hingga Januari 2024

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 20:22 WIB
loading...
Wali Kota Susanti Pastikan Stok Beras Aman hingga Januari 2024
Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani terjun langsung guna memastikan stok pangan aman hingga Januari 2024. (Foto: dok Pemko Pematang Siantar)
A A A
PEMATANG SIANTAR - Sorak-sorai masyarakat terdengar riuh ketika Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani tiba di Pasar Horas bersama Forkopimda Plus pada Jumat (06/10/2023). Kehadiran Susanti bersama rombongan di pasar tradisional terbesar di Kota Pematang Siantar itu guna meninjau langsung stok beras dan kestabilan harga.

Sebagai pemimpin di Kota Pematang Siantar, Susanti datang dan mendengarkan dengan seksama sejumlah saran dan masukan yang disampaikan oleh pedagang maupun pembeli. Kehadirannya menjadi magnet tersendiri bagi para pedagang dan pembeli di lokasi tersebut. Tidak sedikit pula yang ingin bersalaman dan berkomunikasi langsung dengan Susanti.

Ia juga sempat sedikit berbincangmengenai harga-harga komoditas bahan pokok yang sejauh ini masih dalam batas normal. Kepada para pemilik kios beras, ia juga berpesan agar tetap mendistribusikan beras kepada masyarakat Kota Pematang Siantar. Jangan sampai ada penimbunan barang yang dapat menimbulkan gejolak harga.

Wali Kota Susanti Pastikan Stok Beras Aman hingga Januari 2024


Salah seorang pemilik kios beras mengatakan bahwa sejauh ini harga beras medium terpantau berada di kisaran Rp13.200 per kilogram.

Sebelum menyambangi Pasar Horas, Susanti bersama rombongan meninjau sejumlah distributor beras di Kota Pematang Siantar. Lokasi pertama yang mereka datangi yakni kilang beras PT Sinar Marubun Jaya yang ada di Jalan DI Panjaitan Kota Pematang Siantar.

Kedatangannya pun disambut dengan baik oleh pemilik kilang Chandra Surya. Menurutnya, stok beras di Kota Pematang Siantar dapat dipastikan aman hingga Januari 2024. Chandra juga menyampaikan bahwa saat ini kondisi harga beras sudah berangsur stabil, setelah sebelumnya mengalami kenaikan.

Ia pun menambahkan,kenaikan harga yang besar dipengaruhi oleh bahan baku dari petani yang mengalami kenaikan harga. Harga bahan baku mengalami kenaikan akibat kelangkaan pupuk serta kebutuhan produksi padi.

Ditambah, saat ini malah banyak petani mengalihkan fungsi lahannya dan tidak lagi menanam padi. "Sebagai dampak hasil panen tidak lagi sesuai dengan nilai produksi," ujarnya.

Wali Kota Susanti Pastikan Stok Beras Aman hingga Januari 2024
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0782 seconds (0.1#10.140)