Kisah Ratu Agung Tegalrejo Gembleng Pangeran Diponegoro dengan Ngelmu Firasat

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 06:32 WIB
loading...
Kisah Ratu Agung Tegalrejo Gembleng Pangeran Diponegoro dengan Ngelmu Firasat
Perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda, telah dimulai sejak muda. Foto/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Pangeran Diponegoro sudah sejak muda memiliki karakter kuat yang terbentuk dari orang-orang di sekelilingnya. Sosok ibu dan neneknya menjadi salah satu hal yang berperan penting membentuk karakter sang pangeran ini.

Alhasil ketika tumbuh dewasa Pangeran Diponegoro terkenal religius. Ia menjadi satu dari banyak pahlawan nasional Indonesia yang turut berjuang mengusir penjajah.

Sosok kereligiusan Pangeran Diponegoro sejak kecil hingga dewasa tak bisa dilepaskan dari peran keluarganya, terutama para kerabat perempuan di keluarga besarnya juga. Pembentukan karakter dan pandangan hidupnya tak bisa dilepaskan ibu dan neneknya.



Dikisahkan pada buku “Takdir Riwayat Pangeran Diponegoro 1785 – 1855” tulisan Peter Carey, konon Ibu Diponegoro merupakan selir dari Sultan Hamengku Buwono III bernama Raden Ayu Mangkorowati, yang melahirkan Diponegoro saat usia 15 tahun.

Ia adalah keturunan dari tokoh besar Kiai Ageng Prampelan, seorang tokoh yang satu masa dengan Raja Mataram Islam pertama Panembahan Senapati.

Diponegoro kecil hingga muda dihabiskan dalam pendidikan ibu dan nenek buyutnya Ratu Ageng, atau disebut Ratu Ageng Tegalrejo, yang merupakan anak perempuan Kiai Ageng Derpoyudo, guru agama terkenal yang dimakamkan di Majangjati, dekat Sragen.

Ketika Diponegoro masih bayi, Ratu Ageng inilah yang menjadi pelindungnya setelah pendiri Keraton Yogya, meramalkan suatu masa depan yang luar biasa untuk Diponegoro, yang masih bayi.



Saat itu Sultan Mangkubumi mengenali adanya kedalaman spiritual tertentu dalam diri Diponegoro, yang membedakannya dari anggota keluarga lainnya.Inilah yang membuat Diponegoro belajar agama Islam begitu serius sejak kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)