Persempit Ruang Gerak Mafia Gadai Mobil di Pintu Jawa-Sumatera, 5 Korda BRN Perkuat Sinergi

Kamis, 05 Oktober 2023 - 14:58 WIB
loading...
Persempit Ruang Gerak Mafia Gadai Mobil di Pintu Jawa-Sumatera, 5 Korda BRN Perkuat Sinergi
Penandatanganan kesepakatan oleh Ketua BRN Korda Banten. Foto/Ist
A A A
PALEMBANG - Para anggota/relawan BRN (Buser Rentcar Nasional) dari lima korda berkumpul untuk memperkuat sinergi guna mempersempit ruang gerak para mafia gadai mobil khususnya di wilayah pintu masuk Jawa dan Sumatera bertempat di Pool Artha Mandiri Rent, Dewi Sartika Cawang, Jakarta, belum lama ini.

5 Korda tersebut antara lain, Korda Jabodetabek sebagai tuan rumah, Korda Jawa Barat, Korda Banten, Korda Lampung, dan Korda Sumatera Selatan. Acara Jabodetabek dihadiri lebih dari 120 relawan yang merupakan para pengusaha rental mobil di wilayah Jabodetabek.

Selain para anggota BRN Jabodetabek dan perwakilan dari 4 Korda acara tersebut juga dihadiri oleh Ketum BRN Nasional, Sulaiman Zuhri, Sekjen BRN, Petra, Tim 22 pusat, dan Letkol CPM Hasan Bashori dari Puspom TNI AD.

Peningkatan sinergi menjadi BRN Juara ditandai dengan penandatanganan pakta integritas dan peningkatan SOP oleh ketua Korda BRN Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Lampung, dan Palembang yang disaksikan langsung oleh Ketua BRN Nasional.



Limakorda ini memiliki peran vital menjaga lalu lintas para mafia gadai mobil karena daerah mereka merupakan pintu masuk dan keluar pulau Jawa dan Sumatera.

“Kami fokus pada 5 korda ini terlebih dulu karena 5 korda ini adalah pintu masuk dari pusat Ibukota. 5 Korda ini membentuk kesepakatan agar kendaraan rental kami yang bermasalah bisa cepat, tanggap dan sigap diatasi,” papar Ketua Korda BRN Jabodetabek, Umar Asyura.

Seusai penandatanganan acara dilanjutkan dengan edukasi dan talkshow seputar peningkatan tindakan pengamanan dan SOP yang dipandu oleh Arif My Garasi. Dengan adanya kegiatan yang semakin memperkuat sinergi dan peningkatan SOP ini diharapkan ruang gerak mafia gadai mobil makin kecil.

“Ibaratnya, para mafia tersebut dari jaman dulu sudah ada dan masih berjalan hingga saat ini. Tugas kami BRN adalah meminimalisir ruang gerak mereka,” ujar Ketum BRN, Sulaiman Zuhri.

Selain mempersempit ruang gerak para mafia gadai mobil, peningkatan SOP dimaksudkan agar kendaraan yang disewakan memiliki proteksi yang tepat. Dan jika terjadi kasus penyelewengan, para relawan BRN di lapangan lebih siap melakukan pengejaran dan eksekusi berdasarkan dasar kepemilikan dan dasar hukum yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8165 seconds (0.1#10.140)