Kualitas Udara Buruk Akibat Kabut Asap Karhutla, Jam Sekolah di Ogan Ilir Mundur

Rabu, 04 Oktober 2023 - 15:52 WIB
loading...
Kualitas Udara Buruk Akibat Kabut Asap Karhutla, Jam Sekolah di Ogan Ilir Mundur
Buruknya kualitas udara di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, akibat kabut asap karhutla, memaksa kegiatan belajar mengajar di sekolah diundur. Foto/iNews TV/Fitriadi
A A A
OGAN ILIR - Kualitas udara di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, mengalami penurunan drastis akibat adanya kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Buruknya kualitas udara ini, memaksa jam sekolah diundur hingga pukul 09.00 WIB.



Para pelajar yang biasanya mengikuti proses belajar mengajar di sekolah mulai pukul 07.00 WIB, kini terpaksa baru bisa memulainya pada pukul 09.00 WIB. Hal ini dilakukan, setelah ke luar surat edaran dari Pemkab Ogan Ilir terkait kabut asap karhutla.



Kabut asap akibat karhutla tersebut, terlihat semakin pekat. Bahkan, indikator alat uji kualitas udara di Kabupaten Ogan Ilir, telah menyala kuning. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir, Sayadi menyebut, jam pelajaran di sekolah juga dikurangi 10 menit.



"Selain kami lakukan pengunduran jam mulai belajar di sekolah menjadi pukul 09.00 WIB, juga dilakukan pengurangan jam pelajaran selama 10 menit. Biasanya satu jam pelajaran berlangsung 45 menit, kini hanya dilaksanakan 35 menit," ungkap Sayadi.

Kualitas Udara Buruk Akibat Kabut Asap Karhutla, Jam Sekolah di Ogan Ilir Mundur


Selain mengundur jam masuk sekolah dan memangkas jam pelajaran, sekolah juga mewajibkan para guru dan peserta didik untuk memakai masker untuk mengantisipasi timbulnya penyakit akibat kabut asap.



"Kami juga mengimbau setiap sekolah, untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Selain itu, jam istirahat juga ditiadakan, serta tidak ada pelajara olah raga yang mengharuskan para siswa berada di luar ruangan," terangnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)