Keren! Motor Hilang Bisa Ditemukan dengan Aplikasi Ilmu Semeru Polda Jatim

Minggu, 01 Oktober 2023 - 12:35 WIB
loading...
Keren! Motor Hilang Bisa Ditemukan dengan Aplikasi Ilmu Semeru Polda Jatim
Aplikasi Ilmu Semeru yang digagas Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim mulai bisa dirasakan masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang kehilangan motornya. Foto/MPI/Masdarul Khoiri
A A A
SURABAYA - Aplikasi Ilmu Semeru atau hilang temu yang digagas Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim dan telah diluncurkan. Inovasi tersebut manfaatnya mulai bisa dirasakan masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang kehilangan motornya.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan, sudah ada masyarakat yang membuktikan. Warga kehilangan kendaraan bermotor setelah mengunduh dan memanfaatkan layanan aplikasi Ilmu Semeru dapat menemukan motornya kembali.



"Setelah mengunduh aplikasi Ilmu Semeru dan mengisi data kendaraan mereka yang hilang, ternyata kendaraan mereka yang dilaporkan hilang tersebut telah ditemukan dan diamankan di polres. Sehingga warga tersebut dapat mengambil kendaraannya yang hilang tersebut di Polres masing-masing," ujar Taslim, Minggu (1/10/2023).

Alumni Akpol 19994 ini menambahkan, data awal kendaraan yang berhasil di temukan kembali melalui aplikasi Ilmu dari Kabupaten Jember, Tuban, Kediri Kota, Mojokerto Kota, Madiun dan Nganjuk.

Menurut mantan Dirlantas Polda Sumsel ini, aplikasi Ilmu Semeru dan Teguran Presisi tersebut dikembangkan dalam rangka transformasi menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan), guna menjadikan sumber daya manusia (SDM) Polri yang unggul di era Police 4.0.

"Peluncuran aplikasi tersebut guna mendukung kebijakan Kapolri dalam program “Quick Wins Presisi” dalam digitalisasi penegakan hukum lalu lintas, serta guna mendukung terlaksananya program Commander Wish Kapolda Jatim, tentang membangun sistem pelayanan berbasis teknologi digital dan data, untuk mendukung kegiatan kepolisan," ujarnya.



Taslim menjelaskan bahwa aplikasi Ilmu Semeru adalah aplikasi laporan kehilangan kendaraan bermotor yang terkoneksi dengan seluruh jajaran Polda Jatim.

Selain itu telah terintegrasi dengan Sistem ERI (Electronic Registration and Identification) milik Korlantas Polri, dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat dan kepolisian untuk melakukan pendataan dan validasi terhadap barang bukti kendaraan bermotor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)