5 Bulan Kemarau di Jambi, Dansatgas Karhutla: 733,9 Hektare Lahan Terbakar

Jum'at, 29 September 2023 - 08:37 WIB
loading...
5 Bulan Kemarau di Jambi, Dansatgas Karhutla: 733,9 Hektare Lahan Terbakar
Dansatgas Karhutla Jambi Brigjen TNI Supriono. Foto/MPI/Azhari Sultan Jambi
A A A
JAMBI - Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi mencatat, kebakaran lahan di Jambi saat ini sudah mencapai 733,9 hektare. Namun dibandingkan tahun 2019, kebakaran lahan-lahan tahun ini tercatat 0,6 persen.

”Perhitungan kami, hingga hari ini satgas karhutla Jambi mencatat sudah 5 bulan musim kemarau terdapat 733,9 hektare lahan yang terbakar,” kata Dansatgas Karhutla Jambi Brigjen TNI Supriono, Jumat (29/9/2023).

Jika dibandingkan dengan peristiwa tahun 2019 lalu, katanya, ada 106.000 hektare lahan yang terbakar. ”Maka dalam kurun waktu hari ini, tercatat 0,6 persen dari total yang pernah kejadian pada 2019 lalu,” ucapnya.



Dengan catatan itu, Dansatgas Karhutla memastikan Jambi bebas asap. “Dengan demikian, saya pastikan untuk tahun ini Satgas Karhutla Jambi insyaallah Jambi bebas asap,” tandas Supriono yang juga menjabat Danrem 042/Garuda Putih (Gapu).

Karena 0,6 persen, sebutnya, munculnya asap berasal dari wilayah Jambi. Sebelumnya, sejak beberapa hari ini Jambi terus diselimuti kabut asap tebal. Tidak hanya di wilayah Kota Jambi saja, tapi kabut asap juga menyelimuti wilayah Kabupaten Muarojambi.



”Dari hasil patroli udara, kami mengalami, menemukan kabut yang tebal dan jarak pandang yang terbatas sampai kami merinding,” tuturnya.

Namun demikian, dirinya memastikan kabut asap tersebut tidak berasal dari wilayah Jambi. ”Dipastikan, ini adalah kabut asap tapi kami tidak melihat wilayah Jambi muncul sumber-sumber asap. Kami tidak melihat,” tegas Supriono.



Dansatgas memastikan, dari hasil patroli udara, asap tebal yang terjadi saat ini bukan bersumber dari wilayah Jambi. ”Yang kami alami dan pastikan bukan bersumber dari kita, tapi terbawa angin dari segala arah. Bisa dari selatan, barat atau utara, tapi bukan dari Jambi,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)