Satgas Karhutla Tangkap 5 Terduga Pembakaran Lahan di Jambi

Sabtu, 02 September 2023 - 08:54 WIB
loading...
Satgas Karhutla Tangkap 5 Terduga Pembakaran Lahan di Jambi
Tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi memadamkan titik api di sejumlah hutan dan lahan. Foto/MPI/Azhari Sultan Jambi
A A A
JAMBI - Satgas Karhutla Provinsi Jambi tidak main-main dengan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Jambi saat ini. Buktinya tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi telah mengamankan 5 orang yang diduga melakukan pembakaran lahan.

Sedangkan mereka diamankan di tempat berbeda-beda, yakni yang ada di wilayah Provinsi Jambi.

”Terhitung Januari hingga awal September 2023, tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi telah melakukan penegakan hukum terhadap 5 orang yang diduga melakukan pembakaran lahan,” kata Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi Brigjen TNI Supriono, Sabtu (2/9/2023).



Dia menambahkan, saat ini masih masyarakat yang melakukan pembakaran lahan.

”Kita bekerja sama dengan penegakan hukum kepolisian dan instansi terkait lainnya untuk melakukan tindakan tegas kepada siapa saja yang masih nekat melakukan pembakaran lahan di Jambi,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya masih mendalami faktor utama kebakaran lahan tersebut. ”Apakah faktor kesengajaan, faktor kelalaian atau faktor alam. Masih kita dalami dan akan kita lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional,” tegasnya.



Menurut dia, satgas penegakan hukum terkait karhutla ini sudah ditegakkan. “Kami bersama kepolisian tetap berkomitmen dengan instansi terkait yang lain sepakat melakukan pembinaan masyarakat,” imbuh Supriono.

Danrem 042/Garuda Putih (Gapu) ini juga akan melakukan tindakan tegas kepada siapa saja yang melakukan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)